Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Selain Kalsium, Asam Lemak Susu juga Penting untuk Tubuh

Starberita – Jakarta, Susu selalu erat kaitannya dengan kalsium yang baik untuk mengisi kepadatan tulang. Tapi, di samping kalsium, susu juga memiliki kandungan asam lemak yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut ahli gizi, Dr. Marudut, BSc, MPS, susu merupakan sumber protein yang baik bagi pertumbuhan. Protein susu adalah yang terbaik dari semua protein yang ada, yang setara dengan telur.

Jika protein ini dikonsumsi, akan membuat protein dalam tubuh, asam aminonya menjadi lengkap yang bisa menjamin pertumbuhan.

Selain itu, susu juga sebagai sumber kalsium yang penting untuk kepadatan tulang. Terakhir, susu merupakan sumber asam lemak yang unik dan kompleks dan berbeda dengan asam lemak dari pangan lainnya.

“Peran asam lemak susu penting bagi metabolisme tubuh dan mendukung kesehatan untuk menghindari risiko tidak menular,” ujar Marudut.

Secara umum, komposisi susu terdiri dari lemak 3-4 persen, protein 3,4 persen, laktosa yang merupakan karbohidrat 4,8 persen, serta vitamin dan mineral yang kandungannya lebih sedikit.

Dalam asam lemak susu, lanjut Marudut, terdiri dari asam lemak jenuh 90 persen, asam lemak trans 3,7 persen, dan asam lemak tak jenuh 5,3 persen. Kandungan ini yang umum terdapat pada susu murni.

“Keunikan asam lemak susu adalah mengandung asam lemak rantai genap dan ganjil. Kalau asam lemak dari pangan lainnya hanya rantai genap saja.”

Selain itu, asam lemak susu yang unik ini juga mengandung lebih dari 50 jenis asam lemak. Meski jumlahnya sedikit dalam susu, tapi jenisnya banyak. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan