Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

5 Kiper Ini Calon Pengganti Thibaut Courtois di Chelsea

Starberita – Jakarta, Thibaut Courtois menjadi kiper andalan Chelsea semenjak comeback dari Atletico Madrid per musim 2014-2015. Keberadaan Courtois saat itu langsung menggeser kiper senior Chelsea, Petr Cech, ke bangku cadangan. Padahal, Cech sejak 2004 sudah berada di Stamford Bridge.

Dari musim 2014-2015 itu, Courtois sudah memberikan dua trofi Liga Inggris bagi The Blues –julukan Chelsea. Musim ini, penjaga gawang berpaspor Belgia itu pun tampil brilian. Dari 15 penampilan di Liga Inggris 2017-2018, Courtois mencatatkan tujuh clean sheet.

Pencapaian itu membuat kiper berusia 25 tahun dibidik banyak klub besar Eropa. Real Madrid, Juventus dan Paris Saint-Germain (PSG) adalah tiga klub yang terang-terangan berminat kepada Courtois. Mengingat kontraknya hanya tersisa hingga 30 Juni 2019, peluang Courtois hengkang ke klub lain terbuka lebar. Jika mantan kiper KRC Genk itu hengkang, lantas siapa kiper Chelsea selanjutnya?

Berikut 5 kiper calon pengganti Thibaut Courtois di Chelsea:

  1. Bernd Leno (Bayer Leverkusen)

Leno bukanlah pilihan pertama di Tim Nasional (Timnas) Jerman racikan Joachim Low. Ia hanya pilihan ketiga di bawah Manuel Neuer (Bayern Munich) dan Marc Andre ter Stegen (Barcelona). Meski begitu, bukan berarti Leno tidak memiliki kualitas.

Keberhasilan menembus Timnas Jerman merupakan bukti Leno tampik apik bersama klubnya saat ini, Bayer Leverkusen. Di Liga Jerman 2017-2018, pemegang enam caps bersama Timnas Jerman itu telah mencatatkan tiga clean sheet. Jika bermain di tim yang lebih besar seperti Chelsea, penampilan Leno diyakini akan jauh lebih berkembang.

  1. Gianluigi Donnarumma (AC Milan)

Donnarumma memang masih berusia 18 tahun. Namun, penjaga gawang AC Milan itu sudah bisa diandalkan untuk bersaing di level teratas. Ambil contoh di Liga Italia 2017-2018, penjaga gawang yang digadang-gadang akan menjadi penerus dari Gianluigi Buffon itu sudah mencatatkan lima clean sheet.

Peluang Chelsea mendapatkan Donnarumma pun cukup besar. Jika Milan gagal tampil di Liga Champions 2018-2019, Chelsea dapat mengiming-imingi Donnarumma untuk mentas di ajang tersebut. Selain itu, Chelsea juga ditangani Antonio Conte, pelatih yang berkewarganegaraan sama dengan Donnarumma. Karena itu, Conte bisa membantu kiper bertinggi 1,96 meter itu untuk beradaptasi.

  1. Jan Oblak (Atletico Madrid)

Peraih trofi Zamora (kiper terbaik Liga Spanyol) dalam dua musim terakhir (2015-2016 dan 2016-2017). Musim ini, Oblak pun berpotensi mempertahankan trofi yang telah diraih. Sebab dari 14 penampilan di Liga Spanyol 2017-2018 bareng Atletico Madrid, gawang Oblak baru kemasukan tujuh bola.

Selain itu, mantan penjaga gawang Benfica tersebut sudah mencatatkan delapan clean sheet. Namun, butuh uang tak sedikit untuk mendaratkan Oblak ke Stamford Bridge. Sebab Atletico baru akan melepas Oblak jika ada klub yang bersedia membayar 100 juta euro atau sekira Rp1,59 triliun.

  1. Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao)

Arrizabalaga memiliki catatan lumayan musim ini bersama Bilbao. Penjaga gawang berusia 23 tahun itu tercatat memiliki rata-rata 2,06 penyelamatan per pertandingan.

Untuk mendapatkan Arrizabalaga, Chelsea bisa saja tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Hal itu asal mereka berhasil meyakinkan mantan kiper Real Valladolid itu untuk tidak memperpanjang kontrak bersama Los Leones –julukan Bilbao. Sekadar diketahui, kontrak Arrizabala bersama Bilbao akan berakhir pada 30 Juni 2018.

  1. Jack Butland (Stoke City)

Jika Chelsea ingin mendatangkan kiper lokal Inggris, nama Butland bisa dikedepankan. Saat ini, Butland merupakan penjaga gawang yang paling memiliki prospek ketimbang kiper Inggris lain.

Bisa dibilang, hanya cedera yang dapat menghambat penampilan penjaga gawang berusia 23 tahun itu. Jika ia dalam kondisi prima, butuh usaha keras bagi pemain lain untuk membobol gawang kiper Tim Nasional (Timnas) Britania Raya di Olimpiade London 2012 itu. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan