Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Kamu Harus Kurangi Makan Junk Food Sekarang, Ini Alasannya

Starberita – Jakarta, Bagi Anda penggemar makanan cepat saji atau junk food disarankan untuk mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut. Karena, Saturated Fatty Acids atau biasa disebut asam lemak jenuh yang biasa ada pada junk food, ternyata sangat buruk bagi kesehatan kita.

Dengan mikroskop Stimulated Raman Scattering (SRS) memudahkan semua molekul yang terbuat dari asam lemak dapat diamati di dalam sel hidup dengan teknik pencintraan canggih dari mikroskop tersebut.

Para periset menemukan bahwa kelebihan lemak jenuh seperti pada lemak babi sangat berbahaya dan beracun bagi sel dan menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit terkait lipid. Lemak darah tinggi atau lipid tinggi adalah gangguan metabolisme dalam tubuh yang membuat tingkat lipid dalam darah juga tinggi.

Penggunaan teknik baru ini berguna untuk memvisualisasikan distribusi dan dinamika asam lemak di dalam sel hidup. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences juga menunjukkan mengapa lemak tak jenuh seperti minyak ikan dan minyak zaitun berguna sebagai pelindung.

Perilaku asam lemak jenuh begitu memasuki sel kontribusi terhadap penyakit mayor sering mematikan.” ujar Wei Min, peneliti utama dan Profesor di Columbia University dikutip dari Indianexpress.

“Memvisualisasikan asam lemak yang berkontribusi terhadap penyakit metabolik lipid memberi kita informasi langsung tentang apa yang kita butuhkan untuk mulai mencari cara efektif untuk mengobatinya. Mungkin misalnya dengan memblokir lipid beracun tersebut.” lanjut Min.

Para peneliti mengembangkan teknik mikroskopi baru yang memungkinkan pelacakan langsung asam lemak setelah diserap ke dalam sel hidup. Teknik baru inilah yang dapat menjelaskan efek menguntungkan dari asam lemak tak jenuh seperti yang berasal dari minyak ikan dapat melindungi beberapa kelainan lipida. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan