Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Fit and Proper Test, Hadi Tjahjanto Paparkan ‘Potensi Ancaman Bagi Indonesia’

Starberita – Jakarta, Marsekal Hadi Tjahjanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR hari ini. Dalam paparan visi dan misinya, Hadi Tjahjanto memaparkan tentang potensi ancaman untuk Indonesia ke depan.

Menurut Hadi Tjahjanto, Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan akan serangan. “Indonesia bertanggungjawab atas keselamatan dan keamanan di wilayahnya,” kata Hadi dalam paparan visi dan misinya di Komisi Pertahanan DPR RI, Rabu (6/12/2017).

Hadi menuturkan maraknya aksi perampokan bersenjata dan penculikan di wilayah perairah Filipina, merupakan tanggung jawab Indonesia. Wilayah perairan tersebut berbatasan dengan Indonesia, yaitu di Laut Sulu. “Pada kasus ini tanggungjawab bahkan telah mutlak berada di tangan TNI,” tuturnya.

Selain ancaman kejahatan bersenjata, pencurian ikan, penyelundupan manusia, barang, juga narkoba di perairan Indonesia juga menjadi sorotan Hadi dalam membentuk kesatuan ketahanan negara. “Bahkan kerap menjadi bagian dari ancaman lain yang lebih besar dan terorganisir secara internasional,” ujar Hadi.

Selain ancaman kejahatan tersebut, Hadi menjelaskan adanya bentuk ancaman lain yang akan sulit untuk dipetakan berdasarkan wilayah. Menurutnya kemajuan teknologi, arus imigrasi manusia, dan sebaran informasi media juga dapat menciptakan ancaman baru. “Kejahatan ini dilakukan secara internasional, seperti terorisme dan sindikat internasional atau proxi dari kekuatan asing tertentu,” ujar Hadi.

Pemaparan tersebut dia sampaikan di depan para anggota Komisi Pertahanan DPR RI, terkait pencalonannya sebagai pengganti Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018. Presiden Joko Widodo menunjuknya melalui surat yang dia sampaikan lewat Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada 4 Desember 2017 ke DPR RI.

Hari ini Hadi Tjahjanto menjalankan uji kompetensi dan kepatutan di Komisi Pertahanan DPR RI. Hadi Tjahjanto diantar oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono. (sbc-03/tem)




Tinggalkan Balasan