Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

P-APBD Padang Lawas 2017 Disahkan

Starberita – Sibuhuan, DPRD Kabupaten Padang Lawas, kemarin, mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Palas tahun 2017 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Pengesahan tersebut diawali dengan persetujuan dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Palas dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara nota kesepakatan oleh Wakil Ketua, Irsan Bangun Harahap dan Muhammad Dayan Hasibuan dan Bupati Palas, Ali Sutan Harahap (TSO).

“Seluruh komisi menyepakati Ranperda P-APBD tersebut meskipun dengan beberapa catatan,” ujar Ketua Banggar Tongku Solah Daulay saat membacakan tentang hasil pembahasan Ranperda bersama dengan TAPD dan Badan Anggaran.

Dia menuturkan, ada dua catatan penting yang direkomondasikan dan diperhatikan, yakni pergeseran beberapa program kegiatan OPD (organisasi perangkat daerah). “Dengan tujuan efisiensi anggaran dalam penyesuaian program dan kegiatan itu sendiri, serta upaya menggali potensi untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah),” katanya.

Selain itu Badan Anggaran merekomondasikan peningkatan pelayanan RSUD Sibuhuan menjadi Badan Pelayanan Umum Daerah (BLUD) sesuai Perda 05/2015.

Dia menambahkan, Sekdakab Palas tidak melakukan pembelian tanah untuk pertapakan Kantor Bupati senilai Rp5 miliar. “Rekomendasi ini mohon untuk dijadikan masukan dan bahan pertimbangan dalam meningkatkan kinerja dan pengambilan keputusan mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya,” ujarnya.

Bupati Palas, Ali Sutan Harahap, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota dewan atas kesungguhan dalan mencermati substansi materi rancangan perubahaan APBD tahun anggaran 2017, sehingga pada akhirnya DPRD memberikan persetujuan.

“Sesuai dengan regulasi dalam pengelolaan keuangan daerah,setelah DPRD menyetujui Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2017, maka ini akan kita sampaikan ke Gubernur Sumut guna dievaluasi. Diharapkan proses evaluasi dapat berjalan baik dan lancar, sehingga dapat segera ditetapkan menjadi Perda,” katanya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan