Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Sejak 2010, 270 Penderita HIV/AIDS Ditemukan di Asahan

Starberita – Kisaran, Sejak tahun 2010, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menemukan penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sebanyak 270 orang.

Koordinator Perawatan, Dukungan dan Pengobatan HIV /AIDS RSUD HAMS Kisaran, dr Nini Deritana mengungkapkan, hingga saat ini penderita HIV yang rutin mengambil obat 135 orang dan di dalamnya ada 7 balita selebihnya dinyatakan telah meninggal dunia.

“Diprediksi jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Asahan yang belum ditemukan sebanyak 27.000 orang,” kata dr. Nini.

Dia menjelaskan, angka penderita yang belum ditemukan tersebut berdasarkan jumlah yang ditemukan dikali 100 orang sehingga jumlah cukup banyak.

“Angka penderita diprediksi akan terus bertambah, hal ini terbukti setiap tahun Dinkes menemukan penderita HIV, sehingga dapat dinyatakan masih banyak tersangka HIV yang masih belum terlacak di Kabupaten Asahan,” ujarnya.

Dia berharap para penderita jangan malu melapor dan memeriksa diri. “Agar bisa kami fasilitasi dan diobati untuk menekan berkembangnya HIV-AIDS dan Rahasia penderita terjamin aman, “ jelas Nini. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan