Search
Senin 3 Agustus 2020
  • :
  • :

Ternyata, Biji Rambutan Bisa Sembuhkan Diabetes

Starberita – Jakarta, Mungkin saat ini, banyak orang yang masih beranggapan bahwa biji rambutan tak boleh dikonsumsi karena memiliki racun dan rasa yang pahit. Padahal, hal tersebut tidaklah benar.

Biji rambutan mengandung fenolik dan flavonoid yang kemudian akan diubah menjadi ekstrak methanol. Khasiatnya sangat baik untuk tubuh terutama dalam mengatasi penyakit gula darah tinggi atau yang lebih dikenal sebagai diabetes.

Cara Mengobati Diabetes dengan Biji Rambutan

Saat ini, diabetes memang sedang menjadi salah satu jenis penyakit yang umum terjadi di masyarakat akibat gaya hidup yang tak sehat. Diabetes termasuk ke dalam jenis penyakit keturunan sehingga jika Anda mempunyai riwayat keluarga yang idap penyakit diabetes, maka Anda harus waspada dan juga antisipasi dengan kondisi kesehatan Anda agar risiko mengalami diabetes bisa dikurangi.

Lantas bagaimana cara mengolah biji rambutan menjadi obat diabetes? Caranya sebetulnya mudah dan Anda tidak akan bingung dan juga repot untuk mengolahnya. Anda hanya memerlukan biji buah rambutan, dan jangan sampai lupa untuk membuang kulitnya yang sedikit keras seperti kayu.

Setelah itu, iris tipis biji rambutan lalu sangrai tanpa menggunakan minyak menggunakan api sedang. Jangan gunakan api yang terlalu besar, karena nantinya biji rambutan dapat gosong. Setelah cukup matang dan juga kering, maka langkah selanjutnya adalah menumbuk biji rambutan yang sudah disangrai tadi.

Setelah tumbukannya halus, lalu seduh serbuk biji rambutan dengan air panas dan Anda dapat mengonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin guna mendapat hasil yang maksimal. Bila Anda kurang suka dengan rasanya, Anda boleh menambahkan gula batu atau gula jawa, daun sereh dan madu untuk memperoleh rasa dan aroma yang lebih enak.

Memang tidak ada efek samping yang ditemukan saat mengonsumsi biji rambutan, namun tetap saja Anda harus berhati-hati dalam mengolah ramuan tersebut. Olah secara tepat dan konsumsilah sewajarnya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: