Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Kader PMS Berperan Lestarikan Nilai Budaya Karo
Search
Kamis 19 September 2019
  • :
  • :

Kader PMS Berperan Lestarikan Nilai Budaya Karo

Starberita – Kabanjahe, Ketua DPP PMS Indonesia, Mbelin Brahmana melalui Pelaksana Harian DPP PMS, Gunan Ginting Jawak mengukuhkan struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Karo masa Bakti 2016-2021 di Jambur Pemkab Karo, Jalan Veteran Kabanjahe. Pelantikan tersebut dirangkai dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PMS Kabupaten Karo yang pertama, kemarin.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melalui Kadispora, Robet Billy Perangin-angin dalam sambutannya mengatakan, Pemuda Merga Silima (PMS) sebagai tempat berhimpunnya seluruh marga etnis Karo yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, tidak pernah absen bersama komponen pemuda lainnya berperan aktif dalam pelaksanaan pembangununan di daerah ini.

“Kader-kader PMS memiliki tanggungjawab besar untuk menjaga, memelihara dan melestarikan nilai-nilai budaya Karo yang dikenal dengan keramah-tamahan, sopan santun, menghargai antar sesama dan memiliki jiwa dan semangat gotong royong yang tinggi,” ujarnya.

Pemuda Merga Silima diharapkan dapat menjadi wadah pemersatu masyarakat Karo di seluruh Sumatera Utara, terkhusus di Kabupaten Karo. Pemuda Merga Silima bertujuan untuk menyatukan seluruh masyarakat Karo yang ada dengan berpedoman pada budaya Karo, yakni merga silima, tutur siwaluh, dan rakut sitelu. Organisasi yang berdiri sejak tahun 80-an ini, diprakarsai lima marga suku Karo, seperti Merga Sembiring, Perangin-angin, Tarigan, Ginting dan Karo-karo, ujarnya.

Robert menambahkan, struktur kepengurusan DPD PMS Kabupaten Karo diharapkan bisa memberikan warna baru dalam pembangunan yang lebih baik di daerah ini. “Dapat memberikan kesejukan di tengah-tengah masyarakat. Bisa menja­di solusi atas persoalan yang ada, bukan sebaliknya malah menjadi bagian dari ma­salah. Tetap menjalin hubungan ko­munikasi dengan semua pihak, khu­sus­nya FKPD,” ujarnya.

Ketua DPP PMS Indonesia, Mbelin Brahmana melalui Dewan Pengurus Harian DPP PMS, Gunan Ginting Jawak memberikan mandat serta penyerahan Bendera Pataka kepada Pengurus DPD PMS Karo yang dilantik Ketua DPD PMS Karo yang baru, Beres S Brahmana di dampingi Sekretaris Ir Jesaya Sinulingga dan Bendehara Rode Br Sembiring.

Turut hadir utusan DPP PMS Indonesia, DPD Sumatera Utara, DPD PMS kabupaten tetangga diantaranya dari Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat dan lain sebagainya. Demikian juga organisasi kepemudaan lainnya turut hadir memeriahkan pelantikan. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: