Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Secara Umum, Ini 2 Penyebab & Cara Mangatasi Sakit Perut

Starberita – Jakarta, Sakit perut yang tajam umumnya terjadi karena kandungan gas tinggi dalam lambung. Menurut sebuah studi dari Centers for Disease and Control, sakit perut adalah salah satu alasan utama orang mengunjungi ruang gawat darurat selain masalah nyeri pada dada.

Namun, jika anda tahu penyebabnya mungkin anda bisa meminimalkan rasa sakit. Rasa sakit di perut umumnya karena penyebab yang sangat umum. Kebanyakan sakit perut diakibatkan karena asupan makanan, namun tidak jarang disebabkan karena stres. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa stres memiliki hubungan erat dengan masalah pada usus.

Berikut beberapa masalah perut yang umum terjadi dan cara mengatasinya.

  1. Konstipasi

Sakit perut karena masalah usus juga terkait dengan masalah kostipasi. Saat anda mengalami kostipasi, akan ada sebuah tekanan yang terbentuk di dalam usus besar dan usus kecil anda.

“Ini seperti memperluas balon,” kata Rudolph Bedford, M.D., seorang ahli gastroenterologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi banyak serat ke makanan Anda, minum suplemen serat, minum banyak cairan, dan berolahraga. Jika itu tidak berhasil, cobalah menggunakan pelunak tinja yang bisa membantu Anda untuk merasa lebih baik.

  1. Diare

Jika anda mengalami masalah diare, penyebab paling umum adalah gastroenteritis (infeksi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri). Itu aan menyebabkan kejang pada usus kecil dan usus besar Anda, yang bisa sangat menyakitkan.

“Hidrasi benar – benar hal yang paling penting,” kata Rudolph Bedford.

Jika diare dan sakit perut Anda tidak sembuh, anda bisa berkonsultasi ke dokter atau menggunakan obat diare akut, Immodium AD. Obat itu dapat menghentikan diare dan membuat perut Anda terasa lebih baik dalam prosesnya. Namun, ada baiknya jika anda berkonsultasi kepada dokter tentang penggunaan obat tersebut. (sbc-02/auc)

 




Tinggalkan Balasan