Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Perkemahan Saka Kalpataru Pramuka Bentuk Generasi Cinta Lingkungan

Starberita – Sibuhuan, Wakil Bupati Padang Lawas, H. Ahmad Zarnawi Pasaribu mendukung perkemahan Saka Kalpataru di bumi perkemahan Torsipiramanuk, Kecamatan Lubuk Barumun. Sebab kegiatan perkemahaan ini bertujuan mewujudkan generasi muda cinta lingkungan.

“Tujuan perkemahan Saka Kalpataru Pramuka adalah untuk membentuk generasi muda yang cinta lingkungan dengan pramuka sebagai sasaran utamanya,” kata Zarnawi, yang juga Waka Mabicab Gerakan Pramuka Palas, kemarin.

Menurutnya, kegiatan mencintai alam menjadi hal yang sangat penting digerakan pramuka, karena menjadi dasar filosopi serta prinsip dalam melakukan kegiatan kepramukaan identik dengan alam terbuka. “Di alam lah gerakan pramuka melakukan aktivitas dan berkewajiban melindungi dan melestarikan libgkungan.”

Kegiatan perkemahan yang diikuti anggota gerakan pramuka Saka Kalpataru,32 orang,Saka Btangkara, 20 orang ditambah utusan anggota pramuka dari SMK N 1 Kubuk Barumun, 40 orang SMK Jakfariah, 40 orang dan MAS Robiul Islam sebanyak 40 orang.

Ditempat yang sama, Ketua Saka Kalpataru Maslan Hamdani Ritonga mengatakan, kegiatan perkemahan berlangsung 11-12 November ini diikuti peserta 160 anggota pramuka.

Dia berpesan, anggota pramuka saka kalpataru hendaknya dapat menjalankan dasar dharma dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita tidak boleh cepat putus asa dan tetap semangat tunjukkan kita bisa. Pramuka saka kalpataru adalah generasi muda yang tanguh dan disiplin terhadap lingkungan, melestarikan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman,” ujarnya

Saka Kalpataru adalah salah satu Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah pendidikan di bidang kepedulian lingkungan bagi anggota Pramuka. Tujuannya agar anggota Pramuka dapat membantu, membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan