Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Keluarga Inti Pembangunan Kesehatan

Starberita – Padangsidimpuan, Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Aswin Efendi Siregar menyebutkan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan.

Aswin menyampaikan pesan tersebut berkenaan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan,yang berlangsung khidmat di halaman Puskesmas Batangtoru, kemarin.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai dengan undang-undang nomor 36 tahun 2009 program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan,” ujarnya, mengutip sambutan tertulis dari Menteri Kesehatan.

Dia menegaskan, lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat .

“Keluarga merupakan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan,perilaku dan gaya hidup sehat,untuk itu saya mengajak kita semua supaya terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat di mulai dari lingkungan keluarga,” pungkasnya.

Peringatan HKN ke-53 Tahun ini mengusung Tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tampil sebagai Komandan Upacara Kepala Puskesmas Batangtoru dr Rudi Harahap, dengan peserta upacara terdiri dari ASN Dinas Kesehatan Tapsel, Seluruh ASN Puskesmas Tapsel dan RSUD Tapsel, Intitusi pendidikan Aufa royhan dan Prodi D-III Kebidanan Akbid Depkes Sigulang, serta PKPR (Program Kesehatan Peduli Remaja).

Dalam rangka memeriahkan HKN ke-53 tersebut, juga diselenggarakan Lomba Tari CTPS (Tari Cuci Tangan Pakai Sabun) Tingkat SD Se-Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru serta antar Puskesmas/RSUD, Lomba Olahraga Permainan, Bhakti Sosial, Aksi Donor Darah dan Seminar Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga menyerahkan uang tunai sebesar 5 juta Rupiah kepada Kepala Desa Telo yang menjadi Desa percontohan kepedulian terhadap lingkungannya, karena Desa Telo bebas dari buang air besar sembarangan. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan