Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Ini Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh

Starberita – Jakarta, Asam urat yang berlebih didalam darah memang dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri. Bukan hanya nyeri biasa, tapi nyeri yang tak tertahankan. Bahkan juga bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan dan sensasi terbakar pada persendian jika asam uratnya tidak terkendalikan.

Berbicara tentang penyakit asam urat ini. Tentu setiap orang tidak ingin mengalaminya. Dan bagi yang mengalaminya tentu ingin agar bisa segera sembuh dan tidak kambuh lagi. Sebab itu mereka melakukan berbagai cara untuk mencegah dan menyembuhkan. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah asam urat agar tidak kambuh lagi. Cara yang paling umum adalah dengan terus rutin berolahraga.

Anda juga bisa melakukan tips atau cara lainnya yang menurut anda lebih mudah untuk dilakukan. Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda coba. Berikut ini beberapa tips agar asam urat tidak kambuh lagi:

  1. Hindari pemicu

Sebisa mungkin hindarilah berbagai macam hal yang menjadi pemicu datangnya asam urat. Seperti makanan dan kebiasaan yang bisa memicu asam urat. Para peneliti menemukan bahwa makanan seperti tomat merupakan makanan paling sering memicu serangan asam urat selain dari seafood, alkohol, dan daging merah.

  1. Jangan lupa minum obat

Minumlah obat asam urat secara teratur. Obat asam urat ini jika diminum secara teratur mampu menurunkan kadar asam urat. Tapi ingat, pilih obat yang tepat, jangan obat penghilang rasa sakit, sebab itu bersifat sementara saja. Pilih obat yang benar-benar cocok untuk menyembuhkan penyakit asam urat, bukan untuk menghilangkan rasa sakitnya saja.

  1. Minum banyak air

Minumlah air cukup setiap harinya. Jangan sampai kekurangan cairan dalam tubuh. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air dalam sehari untuk menghilangkan kadar asam urat berlebih dari tubuh. Memperbanyak minum air juga dapat mencegah resiko pembentukan kristal pada sendi. Sehingga serangan asam urat akan terminimalisir.

  1. Memantau kadar asam urat

Jangan lupa juga untuk selalu rutin memeriksa kondisi penyakit anda ke dokter. Untuk memeriksa kadar asam urat, anda harus mengambil darah. Cara ini juga dapat membantu anda mencegah faktor pemicu lain seperti diabetes dan hipertensi.

  1. Modifikasi diet

Lakukanlah diet sehat dan pilihlah makanan dengan bijaksana. Anda perlu untuk membatasi asupan makanan yang kaya akan purin seperti daging, ikan sarden, makarel, kerang, dan buncis. Sebab makanan-makanan tersebut mampu meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Konsumsilah makanan yang rendah lemak dan jangan minum jus buah yang tinggi fruktosa. Perbanyak juga konsumsi makanan yang kaya akan antioksidannya seperti buah-buahan.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Kebiasaan merokok dan minum alkohol memang bukanlah kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Sebab bisa mendatangkan banyak penyakit seperti asam urat. Merokok mengganggu metabolisme tubuh, sedangkan minum alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Hindarilah kedua kebiasaan tersebut agar penyakit asam urat bisa terminimalisir.

  1. Aktif bergerak

Selalu aktif setiap harinya, rutin berolahraga, dan tidak bermalas-malasan. Ini merupakan salah satu kunci yang dapat mencegah penyakit asam urat. Kebiasaan selalu aktif pun bisa mengalahkan penyakit gaya hidup penyertanya seperti kolesterol tinggi, diabetes, dan hipertensi. Aktiflah bergerak setiap harinya meski tidak bisa setiap waktu.

  1. Menjaga berat badan

Berat badan yang berlebih juga bisa menjadi penyebab terjadinya asam urat. Jagalah berat badan agar tetap stabil. Berat badan yang stabil mampu mengendalikan asam urat dengan biak. Namun jika berat badan anda sudah terlanjur berlebih, jangan sesekali memilih program diet ketat, sebab bisa menyebakan ketosis dan menyebabkan serangan asam urat. Turunkan berat badan secara bertahap.

Demikianlah informasi tentang Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan