Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama, Bahaya..!

Starberita – Jakarta, Kebiasaan ini hampir dilakukan oleh semua orang, duduk di kursi atau sofa lalu menyilangkan kaki dengan menumpangkan satu kaki di atas kaki lainnya.

Meski dianggap sebagai postur yang elegan, tapi cara duduk seperti ini dianggap berbahaya oleh banyak ahli kesehatan. Meski begitu, tidak banyak yang mengetahui kalau duduk dengan posisi ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada kaki. Apa saja? Berikut ini efek buruk duduk sambil menyilangkan kaki.

Mempengaruhi tekanan darah
Beberapa studi mengatakan, bahwa jika Anda duduk menyilangkan kaki dalam waktu lama, tekanan darah tubuh akan meningkat karena posisi ini memberi tekanan pada saraf. Sangat direkomendasikan bagi mereka yang bahkan tidak memiliki masalah tekanan darah untuk menghindari duduk sambil menyilangkan kaki dalam durasi yang lama.

Menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal
Alasan lain untuk menghindari posisi duduk ini dalam waktu lama adalah karena dapat menyebabkan kondisi yang disebut dengan palsy atau kelumpuhan saraf peroneal. Duduk dalam posisi sama selama durasi yang panjang bisa menekan saraf dan merusaknya.

Mempengaruhi sirkulasi darah
Posisi duduk menyilangkan kaki bisa sangat mempengaruhi sirkulasi darah Anda. Hal ini karena ketika Anda meletakkan kaki di atas kaki lainnya, bisa memompa darah dalam jumlah sangat banyak ke jantung. Akibatnya, sirkulasi darah terpengaruh secara negatif.

Panggul tidak seimbang
Duduk sambil menyilangkan kaki juga bisa memicu ketidakseimbangan pada panggul Anda. Hal ini disebabkan oleh pengaruh pada otot paha dalam dan luar saat duduk dengan kaki menyilang. Selain itu, posisi ini juga bisa berisiko pada sendi kaki Anda.

Varises
Duduk menyilangkan kaki juga bisa meningkatkan risiko timbulnya varises. Posisi ini bisa menyebabkan peradangan pada kaki dan menekan pembuluh darah. Saat Anda duduk sambil menyilangkan kaki, tekanan pada pembuluh darah meningkat dan mempengaruhi aliran darah, sehingga menyebabkan varises.

Jadi, pastikan bahwa bagaimanapun posisi duduk Anda, jangan pertahankan posisi duduk yang sama dalam waktu lama. Terus ganti posisi duduk Anda, dan dimanapun Anda duduk, pastikan duduk dengan postur yang tepat. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan