Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Donor Darah Juga Bisa Turunkan Resiko Kanker

Starberita – Jakarta, Apakah Anda pernah mendonorkan darah atau secara rutin mendonorkan darah? Apa yang membuat Anda melakukan donor darah?

Donor darah adalah tindakan mulia. Darah Anda bisa jadi menyelamatkan nyawa seseorang di luar sana. Namun, tak hanya bagi orang lain saja, Anda pun sebagai pendonor bisa memperoleh banyak manfaat dari donor darah.

  1. Membantu mengurangi risiko kanker
    Saat kita mendonorkan darah, kadar zat besi dalam tubuh akan terjaga. Pengurangan zat besi dalam tubuh sekaligus mendonorkan darah bisa mengurangi risiko kanker.
  2. Membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas
    Kadar zat besi di dalam tubuh yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kerusakan hati dan pankreas. Karena itu, mendonorkan darah dapat membantu mengurangi zat besi berlebih serta membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.
  3. Membantu mengurangi kelebihan zat besi
    Kekurangan zat besi dalam tubuh menyebabkan anemia. Namun, bila kadar zat besi dalam tubuh berlebih, akan mempengaruhi organ vital. Secara teratur, donorkan darah sehingga membantu mengurangi kelebihan zat besi dan membantu mencegah beberapa penyakit.
  4. Membantu mengurangi masalah jantung
    Donor darah membantu menjaga kadar zat besi dan mengurangi risiko masalah terkait dengan jantung, juga mempertahankan irama jantung.
  5. Menurunkan berat badan
    Mendonorkan darah membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori ekstra. Ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami obesitas dan memiliki risiko masalah jantung.
  6. Membantu aliran darah jadi lebih baik
    Bila Anda mendonorkan darah secara berkala, sirkulasi darah akan menjadi lebih baik dan lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini juga membantu mencegah penyumbatan arteri dan kerusakan pada pembuluh darah.
  7. Merangsang produksi sel darah baru
    Donor darah bisa membantu merangsang produksi sel darah baru dan mengganti darah yang telah dikeluarkan sehingga membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.
  8. Manfaat psikologis
    Donor darah juga memberi kepuasan psikologis. Anda membantu seseorang yang membutuhkan darah dan akan merasa senang mengetahui bahwa tindakan itu bisa menyelamatkan nyawa seseorang. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan