Search
Minggu 19 November 2017
  • :
  • :

Diplomat Muda ASEAN & Timor Leste Kunjungi Tobasa

Starberita – Balige, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir menyambut Diplomat Muda Negara Negara Association of Southeast Asian Nations (Asean) dan Timor Leste. Kontingen tersebut menggelar kunjungan dalam rangka The 9th Capacity Building on The Development of Asean and Timor Leste Community di Tobasa.

Marsanti, dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Kementerian Luar Negeri, mengaku sangat senang atas penyambutan dari Pemkab Tobasa.

Tidak tau lagi saya harus berkata apa, senang dan bahagia rasanya. Sejak pagi hingga sore, kami terus didampingi dengan penuh keakraban. Saya tidak menduga penyambutannya akan seperti ini,” kata Marsianti, setelah ia dan para Diplomat Muda ASEAN dan Timor Leste menerima cendramata berupa ulos dari Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin.

Kontingen tersebut merupakan utusan dari Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Indonesia dan Timor Leste.

Di Kampung Adat Ragi Hotang, para diplomat muda dalam Bahasa Inggris, diterjemankan Judika Hutapea (anggota HPI) Tobasa, mengaku rumah adat Batak Toba yang dihiasi ornamen dalam bentuk ukiran yang disebut gorga dalam tiga warna, yakni merah, putih dan hitam memiliki nilai budaya yang tinggi. Ornamennya mempunyai makna dan filosofi. Untuk itu rumah adat tradisional batak toba dikatakan perlu dilestarikan, karena menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Tobasa.

Jikalau nanti kami sudah pulang ke negara kami masing-masing, kami akan menginformasikan bahwa masyarakat batak memiliki nilai budaya dan danau toba yang indah, udaranya sejuk dan nyaman, agar wisatawan makin banyak datang berkunjung,” kata Edgar T Pareira, asal Timor Leste.

Wakil Bupati Hulman Sitorus mengaku pihaknya senang para Diplomat Muda ASEAN dan Timor Lesta mengunjungi daerahnya dalam rangka The 9th Capacity Building on The Development of Asean and Timor Leste Community.

Dia berharap, dengan kunjungan ini para Diplomat Muda mengenal Tobasa, mengetahui informasi tentang budaya dan melihat keindahan alam Danau Toba.

Disamping itu, kami berharap juga, jikalau para Diplomat Muda ASEAN dan Timor Leste sudah pulang ke negara masing-masing, mereka dapat menyebarluaskan informasi mengenai semua yang mereka melalui media sosial, diantaranya tentang budaya dan Danau Toba. Itu harapan kami, sehingga Tobasa semakin dikenal negara negara tetangga,” katanya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan