Search
Minggu 31 Mei 2020
  • :
  • :

Walikota: Konflik Soal Tanah Masih Banyak Terjadi

Starberita – Medan, Walikota Medan, Dzulmi Eldin, mengaku urusan pertanahan merupakan salah satu masalah pokok yang ada di negara Indonesia. Sebab, hingga saat ini konflik di bidang pertanahan masih banyak terjadi, baik antara pemerintah dengan masyarakat, antara masyarakat dengan perusahaan ataupun antar individu.

Pengakuan itu dikatakan Walikota dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala BKDPSDM, Lahum, ketika membuka Pelatihan Manajemen Pertanahan Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Medan, Senin (6/11/2017).

Mengingat vitalnya penyelesaian urusan pertanahan di Indonesia, khususnya di Kota Medan, kata Walikota, Pemko Medan memandang pentingnya ASN dibekali dengan pelatihan manajemen pertanahan, agar ASN nantinya mampu memiliki kompetensi dalam urusan pertanahan, hingga penyelesaian konflik pertanahan.

“Seusai pelatihan ini, ASN bisa memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang pertanahan, agar mampu memberikan pelayanan terbaik urusan pemerintahan kepada masyarakat,” harap Walikota.

Setelah pelatihan ini ASN juga diharapkan mampu memperbaiki sistem administrasi pertanahan yang ada dikecamatan dan kelurahan, sehingga sistem administrasi pemerintahannya bisa lebih tertata baik.

“Manajemen Pertanahan nantinya harus lebih kuat dan berorientasi pelayanan prima serta meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah. Jangan sampai urusan masyarakat banyak terbengkalai hanya karena sistem manajemen pertanahan di Kecamatan dan Kelurahan yang buruk,” sambungnya.

Sebelumnta panitia pelaksana, Saleh, melaporkan diklat ini dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 10 November 2017 yang diikuti sebanyak 90 orang ASN yang menangani urusan pertanahan di kecamatan dan kelurahan.

“Output dari diklat ini diharapkan peserta mampu memahami prinsip dasar manajemen pertanahan yang baik dan melayani, sehingga dalam implementasinya ASN kecamatan dan kelurahan dapat menerapkan sistem tata kelola Pemerintahan yang baik dan prima,” kata Saleh. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: