Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Mitos atau Fakta?, Daun Sirih Dapat Kendalikan Bakteri di Organ Intim
Search
Kamis 24 Oktober 2019
  • :
  • :

Mitos atau Fakta?, Daun Sirih Dapat Kendalikan Bakteri di Organ Intim

Starberita – Jakarta, Jadi perempuan mesti pintar merawat diri. Khususnya merawat kebersihan dan menjaga kesehatan organ reproduksi. Ada banyak cara untuk menjaga Miss V. Salah satunya, dengan memanfaatkan khasiat daun sirih. Malas merawat organ intim bisa mendatangkan banyak penyakit. Problem yang sering dialami kaum hawa di seputar organ intim, keputihan.

Dr. Irmanida Batubara dari tim Pusat Studi Biofarmaka Tropika IPB mengatakan salah satu penyebab keputihan adalah infeksi bakteri. “Infeksi itu dapat diatasi dengan mengendalikan pertumbuhan bakteri di organ intim. Beberapa bahan alami dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan antibakteri. Salah satunya daun sirih,” terang Irmanida, di Jakarta.

Daun sirih memiliki profil baktariosit, yaitu menghambat pertumbuhan bakteri. Fakta lain, daun sirih memiliki sifat MIC (Minimum Inhibitory Concentration) atau konsentrasi hambat minimum. Daun sirih, kata Irmanida, tidak bersifat bakterisidal. Bakterisidal adalah kemampuan membunuh bakteri. Cairan antiseptik bakterisidal tidak disarankan untuk vagina karena dapat memusnahkan semua bakteri, termasuk bakteri baik di vagina.

“Di area kewanitaan secara normal juga tumbuh bakteri baik yang harus dijaga. Mereka berfungsi mengendalikan jumlah bakteri yang merugikan,” terang Irmanida. Kandungan bioaktif daun sirih yang memiliki sifat antibakteri adalah minyak atsiri. Minyak atsiri mengandung sejumlah senyawa antibakterikal.

Sementara itu, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk., Yuna Eka Kristina menjelaskan, khasiat daun sirih sebagai antiseptik alami yang dipadukan dengan teknologi modern bisa dijadikan solusi untuk memelihara kebersihan organ intim dan mencegah keputihan.

Resik V Godokan Sirih misalnya, dibuat secara alami. “Kandungan utamanya adalah godokan daun sirih asli atau daun sirih yang direbus. Resik V Godokan Sirih dianjurkan digunakan secara teratur di saat haid atau ketika mengalami keputihan,” terang Yuna. (sbc-02/auc)

 




Tinggalkan Balasan

error: