Search
Senin 30 Maret 2020
  • :
  • :

Hendrik Sitompul: Pemuda Harus Tetap Melibatkan Diri Membangun Bangsa

Starberita – Medan, Ketua DPD Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut, Hendrik Sitompul, mengajak seluruh pemuda supaya tetap memiliki semangat yang tinggi dan terlibat membangun bangsa Indonesia. Semangat dan perjuangan itu harus disesuaikan dengan konteks tantangan zaman yang berubah-ubah.

“Intinya, ada semangat pemuda membangun Indonesia. Saya selalu menganjurkan karena zaman selalu berubah-ubah. Zaman selalu maju, maka pemuda harus mengikuti perkembangan zaman. Pemuda harus mengabdi kepada negara harus sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Hendrik menanggapi makna Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober kepada wartawan di sela sela Raker DPRD Kota Medan di Parapat, Minggu (29/10/2017).

Dia mencontohkan, bagaimana pemuda menghadapi persoalan kebangsaan, toleransi dan keberagaman saat ini. Menurutnya, para pemuda Indonesia harus belajar dari para pendiri bangsa, yang mendirikan bangsa ini dengan semangat kebangsaan dan kebinekaan.

“Semangat kebangsaan dan kebinekaan inilah yang perlu dihadirkan kembali, misalnya, kita saling menghargai dan menghormati perbedaan. Saat ini, kita harus bangun bangsa ini dengan, dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, tanpa sekat-sekat SARA sama sekali,” tandas alumni PPRA 52 Lemhannas RI.

Hendrik juga menegaskan, bahwa negara ini dibangun dengan falsafat Pancasila. Salah satu poin dari falsafat Pancasila, kata dia adalah melihat perbedaan dengan mengedepankan semangat inklusif. “Kita jangan mengedepankan semangat eksklusif, tidak perlu merasa ada yang mayoritas dan ada yang minoritas,” ungkap Hendrik. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: