Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Penelitian: Minum Teh Hitam Dapat Turunkan Berat Badan

Starberita – Jakarta, Teh hijau diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk penurunan berat badan. Namun para peneliti kini menemukan manfaat yang tak kalah hebatnya dari teh hitam. Teh hitam ternyata memiliki efek yang sama dengan teh hijau.

Para peneliti dari Universitas California, Los Angeles, baru-baru ini melakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan manfaat untuk kesehatan antara teh hijau dan teh hitam.

Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, secara khusus meneliti empat kelompok tikus yang berbeda, dipecah berdasarkan jenis makanan yang mereka konsumsi. Beberapa mengkonsumsi ekstrak teh hitam, sementara yang lain mengkonsumsi ekstrak teh hijau.

Setelah empat minggu, para ilmuwan menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi teh hitam telah kehilangan berat badan sama banyaknya dengan mereka yang mengkonsumsi teh hijau. Kedua kelompok juga memiliki lebih banyak bakteri yang terkait dengan masa tubuh tanpa lemak di usus mereka dibandingkan dengan obesitas.

“Temuan baru kami menunjukkan bahwa teh hitam, melalui mekanisme spesifik melalui mikrobioma usus, juga dapat menyebabkan kesehatan dan penurunan berat badan yang baik pada manusia” ucap Susanne Henning, salah satu peneliti dalam penelitian tersebut. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan