Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Obati Penyakit Hepatitis dengan Daun Daruju, Ini Caranya

Starberita – Jakarta, Sebagian orang mungkin pernah mengalami penyakit hepatitis karena berabagai sebab. Ada banyak cara mengobati penyakit ini, diantaranya yang paling umum dengan pengobatan medis. Dan sedikit orang yang mau mencoba untuk memanfaatkan tanaman herba sebagai obat tradisional hepatitis. Ada beberapa cara mengobati penyakit hepatitis, diantaranya dengan memanfaatkan tanaman Daruju. Nama latin tanaman daruju disebut Acanthus ilicifolium L, telah lama digunakan nenek moyang kita sebagai tanaman obat.

Hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan oleh racun. Bisa saja karena konsumsi zat kimia atau obat yang terkandung dalam makanan sehingga menjadi agen penyebab infesksi. Beberapa penderita mengalami Hepatitis akut yang berlangsung kurang dari enam bulan. Adapula penderita yang mengalami hepatitis kronis yang berlangsung lebih dari enam bulan. Kondisi ini disebabkan oleh salah satu dari kelima virus yang menyerang organ hati. Adapula hepatitis yang disebabkan oleh demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Dan penyebab hepatitis yang bukan karena virus paling umum karena alkohol dan obat-obatan.

Penderita biasanya mengalami gejala awal berupa demam, mual dan muntah, diare, nyeri sendi dan otot. Gejala lain yang ikut mengiringi dapat berupa perubahan pada urine yang berwarna gelap dan tinja berwarna pucat. Adapula yang menderita sakit kuning dan mengalami gatal-gatal pada kulit. Yang paling mencolok, jika perut bagian kanan atas ditekan akan merasakan sakit.

Penyakit ini memang sulit disadari, kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap hepatitis. Sekitar lebih dari 70 persen penderita dewasa mengalami gejala sakit kuning. Hepatitis A tidak menyebabkan gangguan hati dalam jangka panjang, tetapi bisa saja menyebabkan gejala kerusakan hati akut.

Cara Mengobati Penyakit Hepatitis dan Kanker
Orang tua kita telah mengajarkan kepada kita cara mengobati penyakit hepatitis dengan daun daruju. Tanaman ini dibeberapa daerah juga disebut Druju, Jruju, Jaruju, Jeruju. Ciri-ciri tanaman berupa semak, merupakan tanaman semusim yang tingginya lebih kurang 1 meter. Bentuk batang bulat lunak, bercabang dan berwarna hijau keputihan.

Ciri daun tunggal, bertulang menyirip dan berbentuk bulat telur, tepi daun berduri dan berwarna hijau. Tanaman ini memiliki bunga tunggal di ketiak daun dan di ujung batang. Mahkota bunga enam kelopak membulat berwarna kuning. Daruju juga berbuah, bentuknya kotak dan tabung, beruang enam dan berwarna hijau.

Adapun cara mengolah daun daruju menjadi obat herba adalah sebagai berikut:

1. Cara mengobati penyakit hepatitis

1. Ambil 7 gram akar daruju segar. Ditambah dengan 7 gram rimpang temu lawak segar, 7 gram
2. meniran.
3. Cuci bersih seluruh herba, kemudian di iris-iris dan masukkan kedalam 130 ml air.
4. Panaskan dengan api kecil selama 15 menit, atau dibuat infusa.
5. Ramuan ini diminum sekali sehari sebanyak 100 ml.
2. Cara mengolah daun daruju menjadi obat kanker

1. Ambil 7 gram akar daruju segar. Ditambah dengan 4 gram daun dewa segar, 3 gram benalu.
2. Cuci bersih seluruh herba, kemudian di iris-iris dan masukkan kedalam 130 ml air.
3. Panaskan dengan api kecil selama 15 menit, atau dibuat infusa.
4. Ramuan ini diminum sekali sehari sebanyak 100 ml.
5. Cara lain mengobati kanker, baca juga: Ramuan Untuk Kanker, Kista, Jantung

Hepatitis A biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa berubah menjadi penyakit kronis. Ketika penderita sembuh, mereka akan kebal terhadap Hepatitis A. Akan tetapi tidak kebal terhadap jenis virus hepatitis yang lain. Waktu yang dibutuhkan memulihkan diri dari penyakit ini biasanya hanya dalam waktu beberapa bulan. (sbc-02/vnc)




Tinggalkan Balasan