Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Suka Bangun Kesiangan?, Ini Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Starberita – Jakarta, Pagi hari merupakan waktu yang enak dibuat tidur, namun sayangnya para orang tua selalu menganjurkan kita untuk bangun di pagi hari. Alasannya sich agar “rejeki tidak dipatuk ayam”, yang artinya rejeki tidak diambil orang alias rejeki seret.

Ternyata tidak hanya sekedar itu saja, karena ternyata kebiasaan bangun kesiangan juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Loh kok bisa, bukannya tubuh kita juga membutuhkan tidur? Tidur memang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat, namun jika berlebihan justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Mungkin Anda masih belum tahu, apa sajakah efek buruk yang disebabkan bangun kesiangan? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

  • Kepala pusing

Tidur terlalu lama bukannya membuat tubuh segar, tapi sebaliknya justru membuat kepala pusing. Hal ini terjadi akibat terganggunya system saraf atau neurontransmitter serta peningkatan hormone serotonin yang mengakibatkan pusing kepala. 

  • Gampang gemuk

Tidur kesiangan membuat Anda melupakan waktu sarapan. Akibatnya justru membuat Anda lebih lapar sehingga akan makan dalam porsi besar. Hal inilah yang menjadikan berat badan Anda naik lebih cepat.

  • Cepat lelah

Umumnya orang akan merasa segar bugar saat bangun tidur, tapi ketika Anda bangun kesiangan justru sebaliknya karena tubuh akan menjadi lemah dan lesu. Hal ini terjadi akibat metabolism tubuh masih bekerja sebagaimana dilakukan saat malam hari sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai bekerja. Akibatnya, system tubuh tidak bisa berfungsi secara normal.

  • Hilangnya waktu produktif

Banyak yang mengatakan jika pagi merupakan waktu paling produktif, karena pada saat ini pikiran masih fresh setelah semalaman beristirahat. Jika waktu pagi digunakan untuk tidur, maka alangkah sayangnya jika Anda sudah melewatkan waktu paling berharga tersebut.

  • Susah konsentrasi

Bangun kesiangan membuat otak jadi sulit berkonsentrasi sehingga Anda kesulitan dalam berpikir serta menjadi pelupa.

  • Gampang sakit

Bangun kesiangan membuat Anda kehilangan kesempatan mendapatkan sinar matahari pagi yang kaya vitamin D dan meningkatkan system imunitas tubuh agar tidak mudah diserang penyakit.
Setelah mengetahui beberapa alasan diatas, maka sudah selayaknya kita wajib membiasakan diri untuk bangun di pagi hari. Jangan malas lagi ya agar tubuh senantiasa sehat dan rejeki juga lancar. Semoga bermanfaat!. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan