Search
Sabtu 16 Desember 2017
  • :
  • :

Kurang Vitamin B12 Bisa Sebabkan Kebutaan, Cegah dengan 5 Tips Ini

Starberita – Jakarta, Menurut penelitian, pola makan vegan sebenarnya bisa mengakibatkan kebutaan. Beberapa psikolog mengungkapkan dampak buruk pola makan vegan. Bila tak menjalani pola tersebut dengan benar, seseorang bisa kekurangan vitamin B12.

Vitamin B12 terutama ditemukan pada telur, daging, ikan, dan produk susu. Karena itu, tidak mengkonsumsi suplemen saat mengikuti pola makan vegan bisa menimbulkan beberapa gejala berbahaya.

Jika tidak diobati, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kehilangan penglihatan, rasa lesu, letih, jantung berdebar, masalah saraf, depresi, dan kehilangan ingatan. Buat yang menganut pola makan vegan, berikut ini tip menghindari kebutaan.

  1. Kacamata hitam
    Mengenakan kacamata hitam bisa menghalangi 100 persen sinar ultraviolet dan menunda perkembangan katarak dengan melindungi mata dari sinar matahari langsung.
  2. Jangan merokok
    Merokok dapat menyebabkan degenerasi makula terkait dengan usia (AMD). Perokok juga berisiko tinggi terkena katarak. Inilah salah satu tip paling ampuh mencegah kehilangan penglihatan.
  3. Diet yang tepat
    Kekurangan vitamin atau mineral bisa mengganggu fungsi retina. Mengkonsumsi berbagai buah, sayuran, dan makanan yang mengandung vitamin C dan E tinggi, seng, lutein, asam lemak omega-3, dan lain-lain, membantu menunda timbulnya AMD.
  4. Pemeriksaan mata
    Orang dewasa yang tak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata harus menjalaniscreening penyakit mata pada usia 40 tahun, usia ketika tanda awal penyakit dan perubahan penglihatan mulai terjadi.
  5. Riwayat keluarga
    Penyakit mata bersifat genetik. Mengetahui riwayat penyakit mata keluarga dan mendiskusikannya dengan dokter mata dapat membantu mengurangi risiko kehilangan penglihatan dan masalah mata. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan