Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Hati-hati, Mandi Terlalu Lama Bisa Bikin Eksim Semakin Parah

Starberita – Jakarta, Saat Anda masih kecil, orangtua Anda mungkin sering mengoceh kalau Anda mandi terlalu lama. Ternyata, orangtua ada benarnya juga. Mandi terlalu lama sebenarnya kurang baik bagi kulit Anda. Apalagi bagi orang dengan kondisi kulit dermatitis atopik atau eksim.

Masalahnya, menjaga kelembapan kulit adalah hal yang penting agar gejala eksim tidak bertambah parah. Sedangkan kalau Anda mandi kelamaan, kulit bisa jadi kering.

Nah, ketika kulit Anda kering, bukan berarti kulit Anda tidak mengandung cukup minyak alami (yang disebut sebum). Kadang hal ini terjadi karena kulit tidak melakukan tugasnya dengan baik untuk menjaga kelembapan.

Mengapa mandi terlalu lama tidak baik untuk kulit dengan eksim?

Sebenarnya, air merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengembalikan kelembapan kulit. Akan tetapi, mandi yang terlalu lama, misalnya sampai lebih dari lima belas menit, justru bisa membuat kulit kering.

Kulit kering adalah salah satu pemicu eksim dan iritasi yang sering dilaporkan. Saat mandi, air dan bahan-bahan kimia dari sabun akan mengikat sebum yang ada di kulit Anda dan membasuhnya. Karena itu, kulit justru kehilangan minyak alami yang bisa melembapkan kulit secara alami. Hasilnya pun kulit lebih kering dan rentan iritasi.

Semakin lama Anda mandi, kelembapan alami kulit akan semakin terkikis. Karena itu, orang yang memiliki eksim memang tidak disarankan mandi terlalu lama.

Waktu mandi yang ideal menurut para ahli adalah lima menit saja. Lima menit di sini hanya mencakup membasuh tubuh dan sabunan. Jadi belum termasuk cuci muka atau sikat gigi.

Mencegah kulit kering setelah mandi  

Meskipun mandi kelamaan bisa bikin kulit kering, bukan berarti orang dengan kondisi kulit eksim tidak boleh mandi sama sekali. Anda tentu tetap harus mandi, karena mandi bisa membantu membasuh iritan (penyebab iritasi) yang juga akan memperparah gejala eksim.

Namun, untuk mencegah kulit kering dan iritasi setelah mandi, Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • PIlih sabun yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia seperti pewangi, antiseptik dan alkohol.
  • Langsung pakai lotion atau krim pelembap, paling lama tiga menit setelah mandi.
  • Gunakan pelembap yang memiliki kandungan minyak tinggi, tetapi tidak banyak mengandung bahan kimianya.
  • Oleskan pelembap paling tidak dua kali per hari untuk melembapkan dan melindungi kulit Anda.
  • Jadwalkan mandi Anda dan kapan Anda harus memakai pelembap secara rutin pada malam hari, sebelum Anda tidur. Hal ini membantu kulit Anda terawat lebih baik.
  • Jangan mandi terlalu sering dalam sehari. Usahakan untuk tidak mandi lebih dari dua kali sehari.
  • Jangan menggosok kulit terlalu keras dengan handuk setelah selesai mandi. Cukup tepuk-tepuk pelan kulit Anda dengan handuk yang lembut sampai kering. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan