Search
Jumat 20 Oktober 2017
  • :
  • :

Gatot: TNI & Polri Harus Netral Dalam Pilkada 2018

Starberita – Jakarta, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa TNI harus dapat meraih kepercayaan rakyat dalam setiap perhelatan demokrasi seperti Pilkada 2018 mendatang. Sebab, TNI dan juga Polri akan menjadi penengah dan penyelesai apabila terjadi konflik.

“Dalam kondisi seperti ini, maka TNI dan Polri harus netral dan jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat,” kata Gatot, dalam keterangan pers, Selasa (10/10/2017).

Gatot menuturkan apabila TNI berpihak pada salah satu kontestan, begitu terjadi konflik maka rakyat tidak mempercayai mereka lagi sebagai penengah. “Tetapi apabila kamu (TNI) benar-benar netral, maka begitu ada konflik mereka percaya bahwa kamu bisa menjadi penengah,” ujar Gatot.

Gatot menegaskan bahwa TNI akan melakukan apapun untuk kepentingan rakyat dan wilayah (darat, laut, udara) serta pemerintahan. Ketiga komponen tersebut adalah syarat adanya suatu Negara.

Di samping itu, lanjut dia, TNI juga harus tunduk dan patuh kepada Pemerintah yang dipimpin oleh Presiden RI terpilih secara sah dan berdasarkan hukum atau konstitusi. (sbc-03/vnc)




Tinggalkan Balasan