Search
Jumat 29 Mei 2020
  • :
  • :

Jalan Berlobang Jadi Peluang Pelaku Begal di Medan

Starberita – Medan, Banyaknya jalan berlobang di seputaran Kota Medan ternyata menjadi salah satu faktor penyebab maraknya pembegalan yang terjadi dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir ini.

Sebagaimana hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang Humas Poldasu, Kombes Rina Sari Ginting di Medan, Rabu (4/10). Lebih lanjut dikatakannya, selain jalanan yang berlobang, Kota Medan juga membutuhkan penerangan jalan yang lebih.

“Jalan yang rusak dan berlobang membuat pengendara memperlambat kenderaaannya, sehingga hal itu menjadi rawan kejahatan,” sebutnya.

Dalam dua pekan terakhir, jelas Rina, sedikitnya sudah ada lima pelaku begal yang tewas ditembak oleh polisi. Diantaranya merupakan para pelaku pembegalan terhadap driver angkutan online. Oleh karenanya, Poldasu saat ini telah membentuk tim anti begal guna memberantas para pelaku begal.

“Tim khusus pemberantasan kasus 3 C (curat, curas, dan curanmor) sudah dibentuk di seluruh Polres jajaran, dan mereka sudah bekerja dengan di back-up dari Poldasu. Tim tersebut merupakan antar lintas fungsi (Intel, Reserse, Sabhara, Brimob). Khusus untuk Operasi Kepolisian, saat ini juga sedang dipersiapkan oleh Biro Ops Polda Sumut,” jelasnya.

Rina juga mengimbau masyarakat kembali mengaktifkan fungsi Sistem Keamanan Lingkungan. Ia pun mengharapkan kepedulian dari instansi terkait agar dapat segera membenahi infrastruktur jalan, rambu-rambu, dan sarana prasarana lainnya.

“Termasuk pemasangan CCTV di titik yang rawan kejahatan dan rawan kemacetan lalu lintas,” pungkasnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: