Search
Jumat 10 Juli 2020
  • :
  • :

Bupati Serius Tanggapi Usulan Jalan Alternatif dari Medan ke Kabanjahe

Starberita – Kabanjahe, Untuk mengatasi kemacetan dan mengurangi kepadatan arus lalulintas di kota wisata Berastagi, Pemkab Karo akan buka jalan alternative melalui Simpang Ujung Aji Kecamatan Berastagi tembus ke Desa Melas Kecamatan Dolat Rayat.

Dengan adanya jalan alternative tersebut maka kenderaan dari arah Medan menuju Kabanjahe dan sebaliknya tidak perlu lagi melewati kota Berastagi. Dengan demikian secara otomatis akan mengurangi kepadatan dan kemacetan arus lalulintas di seputaran inti kota Berastagi, terutama pada hari-hari libur dan hari-hari tertentu lainnya yang kerap membuat kemacetan parah di kota Berastagi.

Seperti diketahui pada hari libur kota turis Berastagi hingga kawasan Desa Peceren Kecamatan Berastagi cukup padat dengan arus lalulintas keluar dan masuk. Terlebih – lebih ketika ada kegiatan di kota Berastagi seperti perayaan Dirgahayu Kemerdekaan 17 Agustus, event wisata seperti Pesta Mejuah-juah maupun event Festival Bunga dan Buah, maka otomatis jalan satu-satunya yang membelah kota Berastagi akan mengalami kemacetan parah dengan adanya kegiatan pawai kontingen.

Rencana pembukaan jalan alternative tersebut direspon oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana setelah adanya masukan dari wartawan kepada Bupati Karo pada acara ramah tamah di rumah dinas Bupati Karo Jalan Veteran Kabanjahe, kemarin.

“Masukannya sangat bagus kita akan langsung survey ke lapangan setelah makan siang nanti,” ujar Bupati Karo mendengar adanya masukan dari wartawan mengenai salah satu solusi mengatasi kemacetan dan kepadatan arus lalulintan di kota Berastagi.

Sekitar pkl 15.00 WIB Bupati Terkelin Brahmana dan kepala dinas PU PR Kabupaten Karo, Ir Paten Purba, Plt Camat Dolat Rayat Leonard B Girsang S.STP, M.Si dan sejumlah staf langsung turun ke lapangan untuk mensurvey lokasi jalan tembus Ujung Aji – Melas.

Kehadiran Bupati dan rombongan disambut dengan gembira Kepala Desa Melas, Dirman Kemit, Sekdes Sentosa Ginting dan perangkat serta DPD Melas berikut sejumlah warga. Kepala Desa Melas dan DPD menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan kepala dinas PUPR atas perhatiannya terhadap rencana pembangunan jalan ke Desa Melas maupun rencana pembuatan jalan tembus Melas – Ujung Aji yang sebenarnya sudah lama direncanakan.

Menurut Dirman Kemit rencana untuk jalan tembus melalui persawahan “Sibau” sebelumnya telah diawali dengan pembukaan jalan sekitar 1.800 meter dengan lebar 8 meter dengan menggunakan dana Desa Melas sebesar Rp.265 juta pada tahun anggaran 2016 lalu. Namun jalan tersebut belum ditembuskan ke jalan Ujung Aji karena harus melalui lahan pertanian warga yang merupakan wilayah Kecamatan Berastagi.

Mendengar penjelasan dari Kades Melas tersebut Bupati langsung memerintahkan Kadis PUPR untuk menampung anggaran melanjutkan pembangunan dan pembukaan jalan melalui APBD Karo TA.2018.

“Tidak itu saja, bahkan jalan ke Desa Melas yang sekitar 10 tahun tidak pernah lagi tersentuh pembangunan akan di aspal tahun ini juga melalui P.APBD 2017 dan pembangunan lanjutan dengan anggaran APBD 2018,” jelas Terkelin.

Mendengar penjelasan Bupati Karo Terkelin Brhamana dan Kadis PU-PR, Kades Melas dan warga yang hadir langsung menyampaikan terima kasih.

“Kalau masih ada lagi pembangunan jalan yang lain bilang saja, biar Pemkab Karo yang membangun, kalian yang membukanya melalui anggara dana desa (APBDes), peningkatannya melalui APBD Karo,” ujar Terkelin Brahmana. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: