Search
Rabu 5 Agustus 2020
  • :
  • :

Asma si Kecil Mampu Dicegah Lewat ASI Ekslusif

Starberita – Jakarta, Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa ASI eksklusif memberi banyak manfaat baik. Salah satunya bisa mencegah asma sejak dini pada si kecil.

Asma pada anak tak pandang bulu, bisa menyerang usia berapa pun. Selain itu, serangan tersebut biasanya ditandai dengan sesak napas karena dipicu oleh alergi.

“Sebagian besar asma memang merupakan proses atau peradangan di saluran napas yang dipicu oleh alergi. Macam hal bisa menjadi pemicu alerginya seperti debu, polusi, bulu binatang, dan sebagainya,” ujar Spesialis anak, dr Wahyuni Indawati|, di kawasan Kuningan, Jakarta.

Alergi yang memicu asma tersebut, seringnya bersifat keturunan. Artinya, orangtua yang memiliki asma, kemungkinan besar menurunkannya pada anaknya kelak.

“Bakat asma pada anak, akan lebih besar karena keturunan. Makanya, pencegahan paling utama saat tahu memiliki genetik asma, dengan pemberian ASI Eksklusif pada anak. ASI terbukti dapat mencegah timbulnya alergi sehingga serangan asma bisa diminimalisir,” katanya lagi.

Selain itu, pencegahan lainnya agar serangan asma tidak menurun yaitu dengan menghindari udara buruk tercipta di rumah. Lingkungan yang buruk, memicu asma dapat timbul dengan mudah.

“Kalau sudah tahu anak ada bakat asma, orangtua jangan merokok di rumah. Hindari juga pemasangan karpet di rumah agar debu tidak banyak dan jangan memelihara binatang berbulu,” tambah Spesialis Paru, Faisal Yunus. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: