Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bunga Geranium, Bisa Usir Nyamuk hingga Cegah HIV
Search
Selasa 17 September 2019
  • :
  • :

Bunga Geranium, Bisa Usir Nyamuk hingga Cegah HIV

Starberita – Jakarta, Pernah dengar tentang bunga Geranium? Bunga geranium merupakan sejenis bunga yang cukup indah karena memiliki beraneka warna yang indah, dari mulai ungu, pink, biru hingga putih. Bunga geranium memiliki bentuk yang beragam bahkan disebutkan ada lebih dari 200 species dari tumbuhan geranium. Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, karena bunga geranium memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Didalam bunga dan daun geranium terdapat kandungan minyak esensial yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Kira-kira apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari bunga geranium? Agar lebih jelasnya, simak informasinya dalam artikel ini.

Manfaat bunga geranium untuk kesehatan

Meski seringkali dianggap sebagai tanaman liar, namun bunga geranium ampuh memberikan manfaat sehat, diantaranya:

Mengusir nyamuk

Bunga geranium memiliki aroma khas yang ampuh mengusir nyamuk  didalam rumah. Selain itu, menggosokkan bunga geranium pada kulit secara merata dapat mencegah gigitan nyamuk.

Mengurangi stress

Senyawa dalam daun geranium membantu memperbaiki hormone stress, mengurangi depresi dan menenangkan tubuh. Caranya cukup seduh 5 lembar daun geranium dengan air panas, dinginkan lalu minumlah.

Menjaga kesehatan ginjal

Teh daun geranium memiliki sifat diuretic alami sehingga melancarkan buang air kecil dan membantu mengeluarkan tumpukan racun dalam organ ginjal. Dengan begitu, kinerja ginjal akan lebih optimal.

Meningkatkan system kekebalan tubuh

Geranium mengandung sifat anti-jamur, antibakteri serta antiseptic alami yang membantu tubuh dalam memperbaiki system kekebalan tubuh sehingga membuat proses penyembuhan jadi berjalan lancer.

Meringankan peradangan

Ketika bagian dari tubuh mengalami peradangan, Anda bisa meringankannya dengan minum teh geranium karena didalamnya terdapat sifat anti inflamasi.

Meredakan nyeri

Selain bersifat sebagai anti inflamasi juga anti nyeri atau analgesic sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi derita nyeri dalam tubuh, mislanya karena cedera, nyeri sendi, nyeri kepala dan lainnya.

Mencegah virus HIV

Peneliti dari Jerman menyabutkan jika ekstrak tanaman geranium ampuh mencegah virus HIV dan melindungi sel kekebalan tubuh dan sel darah dari inveksi virus yang mematikan tersebut.

Cara menikmati bunga dan daun geranium

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari bunga geranium, Anda bisa menyeduh daun maupun bunga geranium sebagaimana menyeduh teh seperti biasa. Aroma dari teh bunga geranium sangat harum dan manis seperti bunga mawar.

Jangan pernah meremehkan tanaman yang ada di sekitar kita, meskipun itu hanya tanaman hias, karena bisa jadi didalamnya terdapat manfaat luar biasa yang tak pernah kita duga. Semoga bermanfaat. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: