Search
Sabtu 23 September 2017
  • :
  • :

Meski Berlendir, Okra Punya 8 Khasiat Ajaib Ini

Starberita – Jakarta, Nama Okra mungin masih terdengar asing bagi Anda, padahal sayur yang satu ini sangat bermanfaat loh. Okra atau biasa dikenal dengan lady finger ini termasuk satu jenis sayuran berlendir yang memiliki bentuk mirip Oyong tapi kecil dan tidak terlalu panjang. Okrabisa dinikmati dengan beberapa cara, dari mulai ditumis, dijadikan infuse water, hingga dibuat lalapan.  Meski tidak terlalu enak dibandingkan sayuran lain, namun Okra memiliki segudnag manfaat sehat. Ingin tahu apa saja manfaat ajaib  yang bisa Anda dapatkan dari si mungil ini? Simak informasinya berikut ini :

Kandungan gizi Okra

Okra mengandung banyak gizi, diantaranya protein, serat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, asam folat, dan mineral penting seperti : potasium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, seng, karoten dan masih banyak yang lainnya.

1.    Mencegah dan mengobati kanker

Okra termasuk sumber antioksidan yang berkhasiat meningkatkan system imun tubuh dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas  serta mengobati kanker. 

2.    Menguatkan tulang

Selain kaya kalsium, okra juga kaya asam folat yang berkhasiat menguatkan tulang dan juga mencegah penyakit osteoporosis.

3.    Menurunkan kolesterol

Okra mengandung serat larut yang ampuh membantu turunkan kolesterol sehingga risiko penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya bisa dikurangi.

4.    Mengatasi konstipasi/sembelit

Kandungan serat dan lendir yang tinggi membuat Okra ampuh menjadi pencahar alami sehingga masalah sembelit dan konstipasi bisa teratasi.

5.    Menyembuhkan diabetes

Kandungan nutrisi dalam Okra ampuh menurunkan kadar insulin dalam tubuh sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Konsumsi secara rutin setiap hari agar hasilnya bisa Anda rasakan.

6.    Menyehatkan mata

Okra mengandung banyak beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

7.    Mencegah dan mengatasi anemia

Konsumsi okra secara rutin dapat membantu tingkatkan produksi sel darah merah sehingga Anda akan terhindar dari masalah anemia.

8.    Melindungi paru-paru

Okra mengandung senyawa flavonoida, betakaroten, xanthin yang berfungsi sebagai antioksidan ampuh melindungi kesehatan paru-paru.

Efek Samping Okra

Meski berkhasiat, namun pengobatan dengan okra juga memiliki efek samping yang tidak boleh diabaikan, salah satunya : kandungan asam oksalat yang ada dalam okra sehingga kurang baik jika dikonsumsi penderita batu ginjal karena dapat memperparah kondisinya.

Setelah mengetahui manfaat okra yang luar biasa diatas, masihkah Anda memandang sebelah mata pada sayuran yang berkhasiat ini? Semoga bermanfaat yaa.. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan