Search
Jumat 29 Mei 2020
  • :
  • :

Yuk, Deteksi Dini Penyakit Lewat Warna Bibir

Starberita – Jakarta, Tanda pertama dari berbagai penyakit sebagian besar dapat terlihat lewat bibir. Karenanya, bibir disebut sebagai jendela kesehatan oleh para ahli kesehatan tradisional China.

Jika warna bibir berubah, ini adalah cara tubuh mengatakan pada kita kalau ada sesuatu yang tidak baik. Posisi tubuh, organ internal, suhu, dan tekanan darah bisa diketahui dari warna bibir.

Berikut ini kondisi kesehatan yang dapat terlihat dari warna bibir.

Pucat atau putih
Ini adalah tanda yang jelas adanya anemia. Warna bibir ini artinya tubuh Anda kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Hemoglobin merupakan bagian utama dan sel darah merah yang mengikat oksigen. Karena itu, jika Anda kekurangan hemoglobin, bibir Anda akan menjadi pucat. Mengonsumsi makanan kaya besi, seperti bayam, buah kering, dan roti bisa menjadi permulaan meningkatkan hemoglobin Anda.

Merah
Bibir berwarna merah berarti suhu tubuh Anda sangat panas. Di saat seperti ini, Anda akan mengalami tanda lainnya seperti bau mulut dan dorongan untuk ngemil. Menurut para ahli, kondisi ini menjadi tanda Anda mengalami disfungsi liver, yang mengakibatkan tubuh Anda melepaskan panas. Di samping itu, bibir berwarna merah juga menandakan adanya alergi dari berbagai jenis makanan atau cairan sehingga membuat bibir bengkak.

Ungu atau biru
Ini merupakan fenomena yang kerap terjadi saat musim dingin, tapi bibir berwarna ungu atau biru tidak boleh dibiarkan jika terjadi dalam waktu lama. Hal ini karena kemungkinan Anda mengalami masalah jantung atau pernapasan. Selain itu, juga bisa berarti sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan benar. Jika ada garis hijau di sekitar bibir Anda, menandakan adanya sirkulasi darah yang buruk di sekitar liver dan limpa.

Merah tua hingga biru
Warna bibir ini menandakan Anda butuh mendetoksifikasi tubuh segera dengan makanan dan minuman sehat. Warna ini menunjukkan sistem pencernaan Anda mengalami stres karena racun dan tubuh butuh menghilangkan agen mengganggu ini. Menjalani diet alkalin bisa jadi salah satu caranya.

Garis ungu di sekitar bibir
Menurut teori kesehatan China, garis ungu atau kehijauan pada bibir mengindikasikan adanya ketidakseimbangan energi di dalam tubuh. Artinya, energi negatif menyelubungi tubuh Anda. Mengonsumsi makanan yang netral di alam, penggunaan bumbu yang ringan, dapat membantu Anda menghilangkan energi negatif ini.

Merah muda
Bibir berwarna merah muda mengindikasikan kesehatan tubuh dengan pikiran yang seimbang. Artinya, Anda sudah melakukan segala sesuatu dengan benar untuk menjaga tubuh tetap bugar. Pola makan serta olahraga yang Anda jalani juga sesuai untuk tubuh. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: