Search
Rabu 1 April 2020
  • :
  • :

Kanker Lidah, Yuk Ketahui 5 Ciri-cirinya

Starberita – Jakarta, Kisah seorang istri penderita kanker lidah menjadi viral di dunia maya. Dia menceritakan, sang suami awalnya hanya mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh. Pengobatan dilakukan mulai dari berobat sariwan, kemudian dirujuk ke dokter bedah gigi, hingga ke dokter saraf sudah dilakukan.

Saat kondisi kian memburuk, baru terdeteksi suaminya menderita kanker lidah stadium empat. Penyakit kanker lidah ini sulit dideteksi karena ciri – cirinya sama dengan penyakit mulut pada umumnya.

Penyakit yang termasuk dalam kanker mulut ini biasanya bermula dari dalam sel datar, yaitu sel yang menutupi permukaan mulut, lidah dan bibir. Ketika mulai menyebar, kanker ini akan memasuki sistem limfatik atau sistem yang berfungsi mengalirkan getah bening di tubuh.

Jenis kanker yang satu ini sangat mungkin menyebar ke bagian tubuh lainnnya yang berdekatan dengan mulut. Biasanya menjalar ke leher dan paru – paru. Kanker lidah biasanya berawal dari pola hidup yang buruk, suka minum-minuman beralkohol, menghisap rokok hingga terpapar Human Papilloma Virus (HPV). Berikut ciri yang harus diwaspadai sebagai tanda penyakit kanker lidah:

  1. Lidah kaku 
    Lidah sulit digerakkan sehingga penderitanya tak jelas ketika bicara.

    2. Nyeri rahang
    Rasa nyeri pada rahang biasanya berpusat pada sendi rahang yang dikenal dalam istilah medis sebagai temporomandibular. Jika nyeri terjadi dalam waktu yang cukup lama dan sakitnya menyebar hingga kepala dan bagian wajah, segera konsultasi ke dokter.

    3. Benjolan atau penebalan di dalam mulut
    Benjolan yang sangat jelas muncul di lidah. Benjolan mengeras dan biasanya ada di bagian belakang lidah dekat leher, hingga sesorang yang menderitanya kesulitan bicara. Pada awalnya benjolan ini hanya berupa bintik kecil yang nyeri bila tersenggol.

    4. Iritasi seperti sariawan pada gusi, lidah atau lapisan mulut
    Sepintas ciri kanker lidah ini tidak berbahaya. Bentuknya seperti sariawan sehingga sering disepelekan. Tapi luka berwarna putih ini merupakan salah satu tanda kanker mulai menyebar. Segera periksa ke dokter jika mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh lebih dari satu minggu

    5. Sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang
    Beberapa pasien mengira mereka sedang mengalami radang tenggorokan. Jika tenggorokan sakit dan tak kunjung reda dalam tempo lebih dari dua minggu, segera periksa ke dokter. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan

error: