Search
Selasa 14 Juli 2020
  • :
  • :

Pemprov Dorong Swasembada Pangan Berkelanjutan di Sumut

Starberita – Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendorong swasembada pangan berkelanjutan di Sumut. Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi saat menabur 22 ribu benih ikan nila ke Waduk Sutan Alamsyahbandar Batubara di Kecamatan Sorkam, Tapanuli Tengah (Tapteng) Rabu (19/7/2017).

Erry menyampaikan, salah satu upaya tersebut dengan mendorong pembangunan infrastruktur, seperti halnya pembangunan irigasi yang menjadi kewenangan Pemprovsu.

“Kegiatan pertama kunjungan kerja kami ke Tapteng hari ini menghadiri penaburan benih ikan nila ke waduk Sutan Alamsyahbandar Batubara yang selama ini mengairi irigasi sawah masyarakat. Mudah-mudahan dalam enam bulan kedepan, ikan ini sudah bisa di panen dan diharap bisa menambah perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Waduk H. Sutan Alamsyahbandar Batubara seluas 15 Ha dibangun pada masa penjajahan jepang. Sutan Alamsyah Bandar Batubara — seorang tokoh masyarakat Tapteng di masa itu — bersama masyarakat sekitar membangun waduk. Dengan tujuan penampungan air untuk mengaliri sawah-sawah masyarakat di Sorkam dan daerah lainnya.

Akan tetapi, dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, waduk tersebut mengalami penurunan debit air hingga tiga meter. Akibatnya, pengairan irigasi ke sawah masyarakat pun menjadi tidak maksimal.

“Sehabis dari sini, kita akan ke Barus untuk menyerahkan bantuan alat mesin pertanian, benih, dan bibit hortikultura. Bantuan ini juga akan kita berikan kepada Kabupaten lainnya dalam rangka mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan,” pungkasnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: