Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Pemkab Karo Komitmen Dukung KSPN Danau Toba

Starberita – Kabanjahe, Pemkab Karo mendukung sepenuhnya percepatan pembangunan Danau Toba menjadi destinasi wisata berskala internasional. Termasuk upaya percepatan pembangunan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Demikian dikatakan Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH saat Rapat Koordinasi dengan tujuh kepala daerah sekawasan Danau Toba serta para pelaku usaha di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Hotel Inna Parapat, Simalungun, Sabtu (8/7) yang dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan.

“Namun demikian, kendala yang dihadapi Pemkab Karo terkait dengan jalan Medan – Berastagi yang rawan macat dan longsor, untuk itu dibutuhkan jalur alternatif Karo – Langkat yang saat ini Pemkab Karo sedang berjuang di Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” ujar Terkelin.

Dia mengatakan, pada prinsipnya Kementerian Kehutanan Dan Lingkungan Hidup sudah menyetujui secara lisan menunggu rekomendasi dari pihak UNESCO PBB, karena menyangkut kawasan TNGL sepanjang sekitar 4 km jalan tembus Karo – Langkat.

Selanjutnya, Bupati Karo minta kepada Menko Luhut, agar pembangunan dermaga Tongging bisa disegerakan guna memacu tingkat kunjungan wisatawan ke Tongging sehingga nantinya wisatawan bisa keliling Danau Toba dari Tongging ke Tomok atau Parapat yang hanya 2 jam perjalanan.

“Sewaktu libur lebaran kemarin, pihaknya menyewa kapal dari Tongging ke Tomok hanya 2 jam. Tentunya, ini akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan menikmati keindahan Danau Toba,” ujar Bupati Karo.

Selain itu, program pembangunan jalan lingkar Danau Toba dengan memperluas badan jalan dari Desa Situnggaling (air terjun Sipiso-piso) – Desa Tongging dan peningkatan jalan jurusan Tongging-batas Kabupaten Dairi. Pembangunan kios di wilayah Desa Situnggaling (waterfall Sipisopiso) dan di kawasan pantai Danau Toba di Desa Tongging dengan design ornamen budaya Karo, ujar Terkelin Brahmana mengusulkan kepada Menko Luhut terkait program Pemkab Karo mendukung KSPN Danau Toba.

“Mendukung KSPN di luar lingkar Danau Toba, Pemkab Karo juga telah menjalin kesepakatan kerjasama (MoU) dengan pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat rencana peningkatan pembangunan jalan dan pembukaan jalan tembus antar kabupaten yang dinilai sebagai penunjang destinasi Danau Toba berskala internasional. Sehingga memperpendek jarak tempuh Medan -Tanah Karo, maupun Tanah Karo ke Bandara KNIA Deliserdang,” paparnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan