Search
Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

4 Olahraga Ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Starberita – Jakarta, Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat menyehatkan. Selain menguntungkan bagi kesehatan tubuh, juga menguntungkan bagi kecantikan tubuh kita. Dengan olahraga secara rutin, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

Sebenarnya aktivitas apapun yang kita lakukan yang melibatkan gerakan tubuh atau fisik itu sudah termasuk olahraga. Namun jika kita hanya mengandalkan olahraga dari aktivitas harian saja, itu kurang cukup.

Kita juga perlu olahraga yang lebih khusus. Seperti misalnya, lari kecil setiap pagi, jalan-jalan setiap pagi, atau pun olahraga lainnya. Hal ini ditujukan agar tubuh anda termasuk organ dalam seperti paru-paru, jantung, dan lainnya tetap terjaga kesehatannya.

Berbicara tentang jantung, tahukah anda olahraga seperti apa yang dapat meningkatkan kesehatan jantung? Ya, olahraga yang bisa anda lakukan untuk kesehatan jantung anda sangatlah banyak. Nah, berikut ini empat olahraga yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung anda:

  1. Jalan santai

Jalan santai adalah salah satu olahraga ringan yang bisa anda lakukan dengan senang hati. Olahraga ini sangat murah meriah dan bisa dilakukan kapan saja. Manfaat dari jalan santai pun sangatlah baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung anda. Berdasarkan penelitian yang ada, bahwa olahraga jalan santai selama 2,5 jam seminggu, risiko serangan jantung dan stroke berkurang hingga sepertiga. Bahkan aktivitas ini jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

2. Jogging

Jika anda tidak menyukai jalan kaki, anda bisa mencoba untuk olahraga yang satu ini, yaitu olahraga jogging. Jogging atau olahraga lari santai, selain menyehatkan tubuh juga dapat meningkatkan kesehatan jantung anda. Jogging juga sangat baik untuk membakar kalori, menurunkan risiko obesitas, membangun kepadatan tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis. Anda bisa melakukan olahraga ini dimana, dari mana, sampai mana, dan kapan saja.

3. Bersepeda

Selain jalan santai dan jogging, anda jua perlu untuk rutin bersepeda. Olahraga bersepeda ini dapat membantu menggerakkan otot tubuh dengan ritme yang tetap bisa melatih kerja jantung lebih stabil. Bersepeda juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh anda serta mengencangkan otot paha dan betis. Saat bersepeda, timbunan lemak dalam tubuh anda akan terbakar melalui proses oksidasi, sehingga mampu menghasilkan energi dalam tubuh anda.

4. Renang

Anda juga harus mencoba olahraga renang. Renang adalah olahraga yang baik untuk tubuh. Sebab, renang merupakan olahraga yang melibatkan gerakan seluruh anggota tubuh. Sehingga seluruh otot akan terlatih dengan baik. Berenang tidak hanya meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, berenang juga dapat membakar kalori dalam tubuh. Bahkan kalori yang dibakar lebih besar daripada jogging.

Demikianlah informasi tentang 4 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan