Search
Rabu 5 Agustus 2020
  • :
  • :

Scabies Mewabah di Lapas Panyabungan

Starberita – Panyabungan, Dinas Kesehatan Mandailing Natal (Madina) melalui Puskesmas Panyabungan Jae mendapati bahwa banyak anak binaan di Lapas Klas II B yang terkena penyakit gatal-gatal.

“Saat kita lakukan pemeriksaan, ternyata benar keluhan anak binaan didominasi dengan penyakit gatal-gatal atau istilah medisnya Scabies,” ujar Kadis Kesehatan Madina, Drg. Ismail Lubis di Panyabungan, kemarin.

Dia mengatakan, pemeriksaan kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II B Panyabungan sebelumnya rutin kita lakukan. “Hanya saja, semenjak Lapas Klas II B Panyabungan mempunyai dokter sendiri, maka hanya melaksanakan pemeriksaan apabila¬† Lapas membutuhkan saja.”

Scabies ini merupakan jenis binatang tungo yang bertelur didalam kulit manusia dan menyebabkan gatal-gatal pada kulit manusia. Dan biasanya, rasa gatal-gatal ini terjadi atau bereaksi saat si pengidap sedang tidur” ungkapnya

Selain diberikan obat-obatan kepada anak binaan yang menderita penyakit gatal-gatal ini. Kita akan telah memberikan imbauan kepada anak binaan agar selalu menjaga kebersihan. Karena, binatang tungo penyebab penyakit gatal-gatal ini selalu ada ditempat yang tidak bersih dan lembab seperti handuk, tilam dan pakaian yang tidak bersih” paparnya

Sementara itu, Kalapas Klas II B Panyabungan,  M.A. Siburian, AMD, IP, S.PD,MH menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Madina atas perhatian dan kepeduliannya kepada anak binaan Lapas Klas II B Panyabungan.

“Saya berharap kegiatan ini dilakukan kembali rutin oleh Pemerintah Madina cq Dinas Kesehatan. Karena, anak-anak binaan yang Ada di Lapas IIB Panyabungan ini juga anak Madina” sebutnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: