Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Stres Saat Mudik, Lakukan 5 Langkah Ini

Starberita – Kemacetan lalu lintas saat mudik merupakan sumber stres, kemarahan, serta kegelisahan. Apalagi, jika kemacetan itu tak diketahui sejauh apa parahnya. Anda pun hanya dapat pasrah terbelenggu di tengah kemacetan.

Sebagaimana dilansir dari laman Psychology Today, ada sejumlah hal yang sesungguhnya dapat Anda lakukan agar tidak stres atau frustrasi saat terjebak macet. Berikut tips untuk Anda:

Pertama, tarik napas, buang napas, dan ulangi.

Saat Anda mulai mencengkeram roda kemudi, tariklah napas dalam-dalam. Ini merupakan teknik jitu untuk relaksasi saat terjebak macet. Lebih penting lagi, teknik ini cukup sederhana untuk dilakukan di balik kemudi.

Kedua, berpikir positif.

Alih-alih memikirkan kemacetan lalu lintas sebagai penghalang untuk mencapai tujuan Anda, katakanlah pada diri sendiri bahwa Anda akan mencoba menikmatinya.

Tanamkan pada benak, mungkin inilah waktu istirahat Anda dari pekerjaan atau kesempatan emas untuk mendengarkan acara radio favorit Anda.

Ketiga, abaikan faktor pemicu marah

Memang, rasanya sulit untuk menghilangkan setiap emosi kemarahan saat macet. Namun, cobalah untuk meredakannya.

Jika Anda merasa jengkel saat pengemudi memotong Anda di tengah semrawutnya lalu lintas, jangan jadikan itu masalah besar. Terimalah dengan lapang dada dan mulailah mengalihkan pikiran. Ini akan membantu Anda menghentikan amarah terhadap perilaku pengemudi lainnya.

Keempat, enyahkan rasa cemas.

Tatkala Anda mulai cemas atau gelisah atas kemacetan yang seolah tak berujung tersebut, hadapilah dengan senyuman.

Fokuslah pada situasi yang sedang Anda hadapi, yaitu pemandangan kendaraan yang bergerak yang bergerak lambat, suara klakson di kejauhan, atau injakkan kaki Anda di pedal.

Kelima, tampilkan wajah terbaik Anda.

Saat Anda terjebak kemacetan dengan laju kendaraan hanya 0-5 kilometer per jam, tetaplah terima dengan legawa. Tampilkan wajah bahagia.

Jika Anda dapat menjadikan kemacetan sebagai humor, itu adalah pereda stres yang hebat. Penelitian juga menunjukkan, senyum bahagia adalah salah satu pendorong utama untuk meredakan stres dalam diri.

Maka dari itu, hadapilah kemacetan dengan tetap bahagia dan yakinlah pasti ini semua akan berakhir. (sbc-03/kom)




Tinggalkan Balasan