Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Jakarta Jadi Pusat Kebijakan UMKM Asia

Starberita – Jakarta,  Jakarta segera menjadi pusat penyusunan kebijakan UMKM di Asia melalui inisiasi penyelenggaraan pertemuaan tingkat Menteri UKM se-Asia yang rencananya akan digelar secara rutin di ibukota Indonesia.

Presiden ICSB (International Council for Small Business) Indonesia, Hermawan Kartajaya mengatakan melalui penyelenggaraan pertemuan tingkat Menteri UKM se-Asia di Jakarta diharapkan mampu menjadikan Jakarta sebagai “think-tank hub of MSMEs Policy Making”.

“Ini adalah inisiatif Indonesia yang disetujui anggota ICSB dari Asia untuk menyelenggarakan suatu event tingkat Menteri UKM se-Asia di antara dua Konferensi Tahunan,” kata Hermawan, di Jakarta, Kamis (29/6/2017), yang terpilih di New Jersey sebagai Presiden (ACSB) Asia Council for Small Business periode 2016-2019 itu.

Ia menegaskan pentingnya penyelenggaraan acara itu agar ada kesempatan saling tukar-menukar pengalaman dari para pembuat kebijakan terkait UMKM se-Asia.

“Menteri Koperasi dan UKM RI akan menjadi Host sekaligus Chair dari Pertemuan antar-Menteri se-Asia ini,” kata pria yang juga Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM itu.

Ia menambahkan, rencananya program baru itu akan dibuat tiap tahun dengan tempat permanen atau menetap di Jakarta.

“Dengan demikian Jakarta akan menjadi semacam pusat penyusunan kebijakan terkait UMKM di Asia,” katanya.

Hermawan sekaligus meminta dukungan seluruh pemangku kepentingan terkait UMKM di Indonesia untuk mendukung Jakarta sebagai pusat penyusunan kebijakan UMKM yang paling diperhitungkan baik di Asia maupun dunia. (sbc-03/inc)




Tinggalkan Balasan