Search
Sabtu 21 Oktober 2017
  • :
  • :

Dinkes Asahan: 15 Balita Terinfeksi HIV/ AIDS

Starberita – Kisaran, Dinas Kesehatan Asahan melaporkan 15 anak balita di kabupaten tersebut telah terinfeksi Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Saprin Sanja Hutahean mengatakan, laporan tersebut dicatat dalam periode waktu enam tahun (2010-2016) terakhir.

Dia menghimbau, jika ada ibu hamil yang terinfeksi virus tersebut segeralah dilaporkan. Karena pihak dinkes bisa memutuskan penularan virus lewat proses kelahiran dari ibu ke anak yang akan lahir melalui program pengawasan dan pemberian obat serta konseling.

“Jadi, meski bapak atau ibunya tertular virus HIV/AIDS positif, anak yang lahir dapat terhindar dari virus tersebut,” ucap Saprin

Penemuan para penderita HIV AIDS terus dilakukan Dinkes melalui Voluntary Counseling and Testing (VCT) di RSU dan Puskemas, sehingga hampir setiap tahun ditemukan penderita baru di Kabupaten Asahan.

” Silahkan datang ke Dinkes atau RSUD dan Puskemas yang memiliki fasilitas VCT, jangan malu demi anak yang akan dilahirkan. Rahasia penderita terjamin aman kami simpan,” sebut Saprin.

Selanjutnya Persoalan HIV/ AIDS kata Syafrin sudah menjadi tanggung jawab kita bersama , dan melalui Dinas Kesehatan mengimbau dan menyosilisasikan kepada masyarakat tentang bahaya HIV AIDS.

“Kalau bidang kesehatannya kami yang menanganinya, namun untuk mencegahnya harus semua profesi dan elemen membantunya,” pungkasnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan