Search
Sabtu 21 Oktober 2017
  • :
  • :

Hindari Serangan Hacker dengan Tips Ini

Starberita – Salah satu pintu masuknya serangan peretas (hacker) ialah melalui peramban yang Anda gunakan untuk berselancar di dunia maya. Tanpa sadar peretas bisa saja menyusupkan program jahat melalui unduhan file yang akan secara otomatis ter-install ke dalam program di komputer.

Agar bisa terhindar dari serangan hacker yang mengancam data pribadi, perlu adanya upaya pencegahan agar browser yang Anda gunakan bisa aman dari para peretas. Seperti yang dirangkum dari situs How to Geek berikut ini.

Gunakan Peramban Versi Terbaru
Salah satu penyebab bobolnya sistem keamanan ialah karena pengguna malas untuk memperbarui software-nya. Memperbarui peramban ke versi terbaru merupakan cara yang tepat untuk mencegah adanya serangan peretas karena update sistem biasaya telah membawa patch keamanan terbaru.

“Enable Click to Play Plug In”
Dengan memilih opsi di atas browser yang digunakan akan berjalan lebih cepat dan menghemat penggunaan baterai. Selain itu manfaat lainnya ialah dapat memperketat keamanan browser. Peretas tak akan memanfaatkan celah di plug-in browser yang berjalan di background.

Hapus Plug-In yang Tak Terpakai
Menghapus plug-in yang tak terpakai bisa menghindarkan Anda dari serangan peretas. Misalnya, program Java yang saat ini jarang terpakai di browser bisa menjadi celah bagi para peretas untuk menyerang kerentanan di dalam firmware browser.

Saat ini Flash menjadi plug-in yang cukup banyak digunakan karena dukungan terhadap tampilan media yang beragam. Selain membuang plug in yang tak terpakai, jangan lupa pula untuk memperbarui plug in di dalam browser. (sbc-03/ozc)




Tinggalkan Balasan