Search
Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

Camat Lurah & Kepling Diinstruksikan Lebih Peduli Keamanan Lingkungan

Starberita – Medan, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, menghimbau  kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah tugasnya masing-masing.  Salah satunya dengan mengaktifikan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling). Hal  ini penting dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat yang bermukim di Kota Medan.               

“Saya minta kepada seluruh camat, lurah dan kepling untuk peduli dan tanggap dengan sistem keamanan di wilayah tugasnya masing-masing. Mereka harus mengetahui sekecil apapun peristiwa yang terjadi di wilayahnya,” kata Walikota ketika menggelar Open House di hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1438 H di kediamannya Jalan Sudirman Medan, Minggu (25/6/2017).               

Instruksi ini disampaikan Walikota menyikapi kondisi kantibmas yang terjadi di Kota Medan belakangan ini. Teranyar, Minggu (25/6/2017) dinihari, kasus penyerangan Markas Polda Sumut yang dilakukan dua orang pria tak dikenal. Oleh karenanya Walikota minta agar camat, lurah dan kepling harus meningkatkan sistem keamanan dan peduli dengan keamanan lingkungan. 

Selain mengaktifkan kembali Siskamling, Walikota juga minta kepada apraturnya yang bersentuhan lansung dengan masyarakat ini, harus terus bersinergi dengan babinsa dan babinkantimbas. Dikatakannya, sinergitas ini harus terus dibangun guna meminimalisir terjadinya tingkat kejahatan di tengah masyarakat.               

“Saya yakin jika sinergitas ini terbangun dengan baik, insya Allah Kota Medan akan lebih aman. Apalagi jika seluruh lapisan masyarakat ikut mendukung,” ungkapnya.               

Dukungan masyarakat, jelas Walikota, dapat diwujudkan dalam bentuk memberikan informasi, termasuk  segera melaporkan  orang tidak dikenal  dengan tindak-tanduk maupun gelagat mencurigakan di sekitar empat tinggalnya masing-masing. Dengan demikian aparat keamanan dapat melakukan tindakan preventif secepatnya.               

“Jadi saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama agar selalu  peka dan harus peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan. Sebab, Medan adalah rumah kita sehingga harus kita jaga bersama-sama,”  ujarnya.               

Selanjutnya, Walikota, berpesan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya dan selalu berhati-hati , terutama bagi para pendatang yang tidak dikenal. Ditegaskannya, Pemko Medan bersama seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan terus berupaya memberikan pelayanan keamanan terbaik bagi seluruh warganya. (sbc-02)




Tinggalkan Balasan