Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Bawa Anak Saat Mudik, Ingat Tips Ini

Starberita – Menghadapi kemacetan panjang di musim mudik Lebaran membutuhkan kesabaran. Namun, nasihat ini tentu tak berlaku untuk anak-anak. Perlu persiapan khusus agar anak tetap merasa nyaman di perjalanan.

Executive trainer Mothercare Dewi Nopiyanti mengatakan untuk mencegah anak ngambek karena rasa bosan di jalan, maka orangtua perlu beberapa persiapan. Bila anak ditaruh di car seat atau tempat duduk khusus anak, maka perlu diangkat setiap dua jam sekali.

Saat anak tidak duduk di kursinya, orangtua bisa memijat bayi dengan baby oil. “Hal ini supaya baby gak stres dan capek,” kata Dewi.

Selain itu, orangtua juga bisa beristirahat setiap dua jam sekali sambil menenangkan bayi. Dia tidak menganjurkan bila orang orangtua terus berkendara hingga enam jam tanpa istirahat.

Waktu istirahat juga bisa digunakan untuk mengganti popok dan membasuhkan air agar si kecil kembali segar.

Dewi menambahkan orangtua menyediakan beberapa kesukaan anak, seperti musik hingga mainan. Namun dia mengingatkan setelah anak diberikan mainan, maka tak boleh ditinggal sendiri. “Terkadang orangtua kasih mainan aja, tapi tak ada komunikasi. (Komunikasi) itu harus dijaga. Ibu harus bikin keceriaan di perjalanan,” katanya. (sbc-03/kom)




Tinggalkan Balasan