Search
Kamis 19 Oktober 2017
  • :
  • :

5 Tips Packing Barang Mudik

Starberita – Tradisi mudik memang telah jadi kebiasaan yang dilakukan rutin saat menjelang hari raya Idul Fitri. Masyarakat rantauan akan berbondong-bondong menuju kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga tersayang di hari kemenangan.

Bagi Mudikers yang baru mau mudik di hari Lebaran, enggak perlu ribet packing barang. Kini bisa mengikuti tips berkemas yang efisien di bawah ini.

1. Siapkan dua tas
Satu tas selempang kecil dan satu tas besar bisa koper, carier, atau tas ransel besar. Dua tas ini memiliki dua fungsi yang berbeda. Tas selempang kecil digunakan untuk menyimpan barang-barang yang Anda butuhkan dan sering Anda gunakan selama perjalanan, seperti handphone, uang tunai, kunci motor/mobil, charger, minum, kaca mata, dan sebagainya.

Sedangkan, tas besar yang satunya digunakan sebagai tempat untuk membawa pakaian-pakaian dan barang lainnya yang akan digunakan setibanya di kampung halaman.

2. Mengisi Tas Besar
Isilah tas besar Anda dengan pakaian yang nantinya Anda gunakan saat berganti pakaian di tempat peristirahatan ketika dalam perjalanan menuju kampung dan pakaian yang akan digunakan saat berada di kampung.

Bawalah baju-baju yang memang diperlukan, tidak perlu membawa pakaian cadangan, karena tentu di kampung Anda punya pakaian lain bukan? Jangan lupa pula membawa alat salat dan alat mandi untuk di perjalanan.

3. Mengatur Isi Tas Besar
Mudikers yang mudik membawa ransel, aturlah pakaian dengan cara menggulungnya. Cara seperti ini akan sangat menghemat tempat dan memudahkan Anda ketika akan mengambil dan mengenakannya. Anda tidak perlu mengungkit-ungkit pakaian yang letaknya di atas pakaian yang hendak Anda pakai, Anda pun tidak perlu repot lagi membereskannya.

4. Peralatan Mandi Termasuk dalam Peralatan Pribadi
Aturlah barang-barang ini di sela-sela tumpukkan pakaian. Untuk lebih memudahkan lagi, masukan alat mandi dan alat pribadi lainnya dalam wadah yang bisa tertutup rapat agar mengantisipasi kebocoran.

5. Perkirakan Lama Mudik dan Lama di Kampung halaman
Hal ini dilakukan agar Anda dapat membatasi jumlah pakaian dan kebutuhan lainnya yang harus Anda bawa. Perhitungkanlah dengan matang. Jangan sampai Anda kekurangan pakaian saat berada di perjalanan. (sbc-03/ozc)




Tinggalkan Balasan