Search
Sabtu 21 Oktober 2017
  • :
  • :

Cara Mencegah Racun E. Coli Pada Makanan

Starberita – Jakarta, E. coli adalah sejenis bakteri yang hidup di saluran pencernaan banyak hewan. Dilansir Rodale Wellness, kita akan mengalami masalah jika kita tidak sengaja memakan bakteri itu. Beberapa jenis E. coli tidak menyebabkan penyakit sama sekali atau hanya menyebabkan penyakit ringan.

Oleh karena itu, tidak semua E. coli bersifat patogen (menyebabkan penyakit). Umumnya pengolahan pertanian yang tidak tepat dapat membuat E.coli bersifat patogen. Hewan liar pengganggu yang datang ke hasil panen makanan ternyata hanya memainkan peran yang jauh lebih kecil. Penangan makanan yang kebersihannya tidak memadai dan fasilitas pencucian yang terkontaminasi merupakan hal yang memungkinkan makanan dapat terkontaminasi.

Kita perlu waspada, karena wabah yang telah dikaitkan dengan E. coli patogen di masa lalu meliputi susu mentah, daging yang kurang matang, kecambah, dan sayuran hijau.

Berikut ini adalah cara mencegah keracunan makanan karena E. coli:

Cuci tangan Anda dengan air sabun selama 20 detik sebelum memegang makanan. Selalu cuci produk Anda dengan larutan cuka putih dan air dengan perbandingan 1 : 9. Kadang, kita tergoda untuk hanya memotong semangka segar tanpa terlebih dahulu mencuci kulitnya (Lagi pula, kita kan tidak makan bagian kulitnya!) Tapi tahukah Anda, bahwa potongan yang dibuat bisa memungkinkan kontaminasi pada kulitnya mengenai bagian buah yang kita makan.

  1. Jaga kebersihan segala jenis permukaan barang

Gunakan sabun air dan / atau larutan cuka air untuk membersihkan meja, talenan, dan permukaan lainnya yang bersentuhan dengan makanan mentah. Gunakan komposisi air cuka dengan perbandingan 1 : 9 (cuka : air). Meskipun sebuah permukaan meja terasa aman dan bersih, Anda tetap sebaiknya menyemprotkan cuka putih diikuti oleh hidrogen peroksida. Biarkan larutan cuka selama beberapa menit lalu bersihkan permukaan meja untuk membunuh hampir semua kuman. Selain itu, tentu saja, jangan sekali-sekali makan daging yang dimasak di atas piring kotor.

  1. Masak kecambah Anda

Kecambah memang mengandung nutrisi yang baik bila dikonsumsi mentah. Namun, ternyata kecambah juga menyimpan beberapa manfaat kesehatan jika Anda memasaknya. Memasak mengurangi risiko penyebaran penyakit bawaan makanan. (sbc-02/auc)

 

 

 

 

 




Tinggalkan Balasan