Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Ramadhan Fair XIV Tahun 2017 Ditutup

Starberita – Medan, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, Kamis (22/6/2017) malam resmi menutup Ramadhan Fair XIV Tahun 2017 di Taman Sri Deli Jalan Sisingamangaraja Medan. Selama sebulan perhelatan ini digelar, sekitar 20.000 pengunjung hadir untuk menikmati aneka kuliner maupun hiburan bernuansa religi setiap malamnya.

Eldin berharap even ini tidak hanya menjadi ikon hiburan religi, tetapi juga menjadi wadah promosi kuliner dan UMKM di Kota Medan. Itu sebabnya selama kegiatan ini berlangsung bilang Eldin, pengunjung bisa mendapatkan produk-produk UMKM sampai makanan dan minuman dengan kualitas realtif baik, sehat, higienis dan harga terjangkau.

Selain itu, menurut Eldin, Ramadhan Fair bagi pengunjung menjadi tempat  untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, teman serta kerabat sekaligus merasakan keindahaan kebersamaan. Hal inilah yang menyebabkan Ramadhan Fair begitu melekat di hati segenap warga masyarakat, baik yang berasal dari  dalam maupun luar Kota Medan.

Sedangkan bagi para pedagang, jelas Eldin, Ramadhan Fair menjadi salah satu sarana yang dipilih untuk menjemput berkah Ramadhan, terutama dari sisi sosial ekonomi.  Setiap tahun Ramadhan Fair selalu menyediakan aneka kuliner serta produk UMKM yang semakin beragam, sehingga menjadi salah satu daya tarik promosi kuliner serta barang-barang hasil produk UMKM.

Selanjutnya Eldin berharap semoga berbagai kelemahan yang ditemui dalam pelaksanaan Ramadhan Fair tahun ini dapat secara signifikan diperbaiki, sehingga pelakasanaan Ramadhan Fair tahun depan bis alebih baik lagi dan memuaskan seluruh warga Kota Medan. Untuk itu Wali Kota berpesan agar berbagai masukan dari warga yang datang berkunjung akan menjadi bahan refleksi untuk perbaikan  di masa mendatang.

“Dengan demikian gaung Ramadhan Fair  akan menggema  tidak hanya menggeme di nusantara saja tetapi juga mancanegara. Saya yakin dengan kerja keras dan kemauan kita bersama, insya Allah dapat kita wujudkan,” kata Walikota.

Selanjutnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, Walikota tak lupa mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan untuk menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan tahun ini dengan membayar kewajiban zakat fitrah.  Kemudian  berpesan agar semakin khusuk menjalankan ibadah di sisa waktu Ramadhan  yang ada.  Serta merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H dengan penuh suka cita namun tetap hikmat, serta senantiasa menjaga keamanan dan kenyamanan kehidupan beragama.

“Saya sebagai pimpinan Kota Medan juga menyampaikan permohonanan maaf lahir dan batin jika selama ini selaku pribadi maupun sebagai Walikota, ada kesalahan dan kekhilafanyang telah saya lakukan yang tidak berkenan di hati saudara-saudara sekalian, taqoballahu minna wa minkum, minal aidil wal faidzin,” ungkap Walikota.

Selain itu Walikota juga mengajak untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri sebagai spirit meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, sekaligus meningkatkan kualitas ukhuwah Islamiyah . “Mari kita maknai hari kemenangan sebagai puncak perjuangan yang kita raih dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan  kepada Allah,” ujarnya.

Selain itu, menurut Eldin, Ramadhan Fair bagi pengunjung menjadi tempat  untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, teman serta kerabat sekaligus merasakan keindahaan kebersamaan. Hal inilah yang menyebabkan Ramadan Fair begitu melekat di hati segenap warga masyarakat, baik yang berasal dari  dalam maupun luar Kota Medan.

Sedangkan bagi para pedagang, jelas Eldin, Ramadhan Fair menjadi salah satu sarana yang dipilih untuk menjemput berkah Ramadhan, terutama dari sisi sosial ekonomi.  Setiap tahun Ramadhan Fair selalu menyediakan aneka kuliner serta produk UMKM yang semakin beragam, sehingga menjadi salah satu daya tarik promosi kuliner serta barang-barang hasil produk UMKM.

Sebelum menutup Ramadhan Fair, Walikota didampingi Wakil Walikota beserta unsur Forkopimda menyerahkan hadiah kepada para pemenang sejumlah kegiatan yang digelar selama perhelatan Ramadhan Fair berlangsung. Puncak acara petupuan diisi dengan penampilan penyanyi asal ibukota Jakarta, Novi Ayla.

Sebelumnya, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Dra Edliaty MAP, melaporkan Ramadhan fair merupakan even bernuansa religius dan kini telah menjadi salah satu ikon pariwisata religi yang paling dinanti sleuruh warga Kota Medan, termasuk para wisatawan. Selain produk UMKM bernuansa Islami, even yang digelar setiap bulan Ramadan ini juga menampilkan aneka kuliner. Untuk tahun ini, jelasnya, Ramadhan Fair menampilkan 135 stand pedagang UMKM kuliner dan 75 stand pedagang UMKM non kuliner.

“Selain ingin mengembangkan potensi pasar bagi UMKM, kita juga ingin memajukan kepariwisataan. Artinya, melalui Ramadhan Fair ini kita harapkan dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Kota Medan. Disamping itu sebagai media syiar yang bermuara pada semakin kuatnya kehidupan beragama di Kota Medan,” jelas Edliaty. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan