Search
Kamis 27 Juli 2017
  • :
  • :

Waspada, Bulimia Terjadi karena Obsesi Ingin Kurus

Starberita – Jakarta, Memiliki bentuk tubuh yang ideal menjadi mimpi hampir setiap orang. Tapi, tidak semua terlahir dengan bentuk tubuh sempurna sehingga butuh usaha ekstra untuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan.

Tapi, seringkali usaha ekstra yang dilakukan demi mencapai bentuk tubuh ideal dilakukan hingga cara yang esktrem. Sampai ada juga yang mengancam jiwa.

Menurut psikolog klinis dewasa Tara Adhisti de Thouars, ada berbagai macam gangguan makan yang dipicu keinginan memiliki tubuh kurus. Diantaranya adalah anoreksia nervosa, bulimia nervosa, binge eating, dan lainnya.

“Umumnya penderita anoreksia di Indonesia terobsesi dengan diet, puasa, dan olahraga berlebihan akibat meningkatnya tekanan untuk menjadi kurus,” kata Tara.

Tekanan ini, lanjut Tara, terutama dipengaruhi dari majalah-majalah fesyen yang mempromosikan citra tubuh ideal yang tidak realistis. Apalagi adanya pandangan sebagian besar perempuan Indonesia yang meyakini bahwa cantik itu memiliki tubuh kurus.

Itulah kenapa, para orangtua diminta waspada munculnya masalah ini pada anak-anak. Masalah gangguan makan sudah bisa dikenali pada usia anak-anak.

Gangguan makan, ujar Tara, pada dasarnya adalah masalah psikologis yang berkaitan dengan masalah makan yang abnormal. Sayangnya, masih banyak yang menganggap masalah gangguan makan sebatas masalah diet saja, padahal gangguan makan bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan