Search
Senin 18 Desember 2017
  • :
  • :

Kebanyakan Makan Karbohidrat, Ini Efek Negatifnya

Starberita – Jakarta, Berapa banyak karbo yang Anda konsumsi setiap hari? Karbo atau karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang bermanfaat membangun energy tubuh sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya itu saja, karena konsumsi karbohidrat yang cukup juga membuat system dalam tubuh menjadi lancar. Tahukah Anda ketika karbohidrat masuk ke dalam tubuh, maka ia akan dipecah menjadi molekul gula penting, salah satunya glukosa yang bermanfaat menyediakan energy untuk semua sel otak.

Alasan itulah yang membuat karbohidrat sangat penting, bahkan ketika tubuh kekurangan karbo, maka akan menyebabkan pusing, gemetar dan bingung. Meski penting, namun jumlah karbo yang masuk kedalam tubuh juga tidak boleh berlebihan, karena dapat memberikan banyak efek negative, yang diantaranya:

  • Menyebabkan penuaan sel, demensia dan penyakit neurodegenerative lainnya

Ketika dalam tubuhmu terdapat banyak glukosa, maka akan disimpan untuk digunakan pada aktivitas berikutnya. Namun ketika Anda tidka melakukan aktivitas apapun, maka glukosa tersebut akan menyebar ke tubuh sampai ke otak yang menjadi penyebab penuaan sel, demensia dan berbagai penyakit neurodegenerative lainnya.

  • Penyakit diabetes

Pasokan glukosa yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan resistensi insulin yang berakibat munculnya penyakit diabetes dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

  • Penyakit jantung

Konsumsi karbohidrat tinggi berpotensi meningkatkan kandungan trigliserida dan kolesterol atau lemak jahat dalam aliran darah yang berisiko meningkatkan berbagai gangguan jantung, seperti : pengerasan arteri, jantung koroner dan gangguan jantung lainnya.

  • Obesitas

Konsumsi karbohidrat berlebihan juga bisa menjadi penyebab obesitas atau kegemukan, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup.

  • Meningkatkan risiko kanker

Kelebihan karbohidrat juga bisa meningkatkan risiko penyakit kanker usus, apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan lemak dan protein tinggi. Hal itu terjadi karena usus kesulitan mencerna tumpukan karbohidrat, bahkan kehadiran karbohidrat juga bisa memicu zat karsinogen penyebab kanker.

  • Sembelit

Kelebihan karbohidrat yang tidak diimbangi dengan makanan berserat tinggi dapat mengakibatkan sembelit. Hal itu karena kandungan terbanyak dalam karbohidrat adalah zat polisakarida non pati dimana zat tersebut bis amenyebabkan sifat tinja menjadi keras.

Tips Agar tidak kelebihan asupan karbohidrat

Setelah mengetahui efek negative akibat kelebihan karbohidrat, pastinya kita akan lebih bijak lagi mengonsumsi karbohidrat. Nah, agar tidak berlebihan konsumsi karbohidrat, simak tips-tips sederhana dari kami, yakni :

Pilih karbohidrat sehat agar tubuhmu sehat dan bebas penyakit

Banyak yang mengira bahwa karbohidrat hanya berasal dari makanan-makanan yang mengenyangkan saja, seperti : nasi, jagung, tepung, dan lainnya. Padahal sumber karbohidrat juga bisa berasal dari sayuran, biji-bijianm kacang-kacangan dan buah. Alas an itulah yang membuat Anda harus bijak memilih karbohidrat, pastikan pilih karbohidrat yang sehat agar tubuhnya bebas penyakit.

Tetapkan jumlah karbo yang dikonsumsi setiap hari

Selain memilih jenis karbo yang baik, pastikan tetapkan jumlahnya yang akan dikonsumsi setiap hri agar Anda terhindar dari kelebihan asupan karbohidrat.

Imbangi dengan nutrisi lainnya, termasuk serat

Agar sehat, pastikan imbangi asupan nutrisi penting lainnya termasuk serat agar terhindar dari risiko sembelit dan pastinya serat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan karbohidrat.
Selain cara sederhana diatas, mungkin masih banyak cara lainnya untuk mengontrol karbohidrat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan