Search
Senin 24 Juli 2017
  • :
  • :

Gubsu Minta Aquafarm Komitmen Tingkatkan Kualitas Air Danau Toba

Starberita – Medan, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi meminta PT Aquafarm Nusantara berkomitmen untuk meningkatkan kualitas air Danau Toba. Hal tersebut disampaikan Gubsu pada saat menerima PT Aquafarm Nusantara di Rumah dinas Gubernur Sumaatera Utara Jl Sudirman No.41 Medan, Rabu (21/6/2017).

Karena, lanjutnya pada rapat terbatas beberapa waktu yang lalu, pemerintah pusat dalam hal ini Kemenko Maritim meminta agar perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Danau Toba untuk ditiadakan karena selama ini banyak yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Tentunya dapat merusak kualitas air yang ada di Danau Toba yang seperti diketahui kondisi Danau Toba pada saat ini cukup memprihatinkan.

“Pemerintah pusat meminta zero perusahaan di sekitar danau Toba  Toba. Namun pemprovsu berjanji akan mengurangi dan berusaha membenahinya,” sebut Gubsu Erry.

Perusahaan membantu masyarakat dalam hal ini seperti membangun rumah ibadah lainnya juga cukup membantu masyarakat sekitar, namun yang tidak kalah pentingnya adalah masalah lingkungan.

“Bagaimana perusahaan-perusahaan di sekitar Danau Toba tetap menjaga dan mencari cara agar limbah dari perusahaan tidak merusak kualitas air yang ada di Danau Toba,” kata Gubsu.

Hal senada juga disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr Hidayati. Selama ini perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Danau Toba sering tidak memperhatikan lingkungan sekitar danau toba. Limbah-limbah dari perusahaan tidak diperhatikan sehingga dapat merusak ekosistem yang ada di Danau Toba.

Hal ini menurut Hidayati, karena perusahaan-perusahaan yang ada disekitar Danau Toba kurang berkomunikasi dengan pemerintah setempat dan instansi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup yang menangani dan mengetahui bagaimana Danau Toba.

Dikatakannya kondisi Danau Toba saat ini sangat memprihatikan termasuk kualitas airnya. Yang kebanyakan dicemari oleh limbah domestik. Oleh karenanya Hidayati mengajak kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Sekitar Danau Toba untuk bersama-sama menjaga lingkungan Danau Toba.

“Mari kita bersama-sama menjaga Danau Toba, terutama kualitas airnya,” kata Hidayati yang disebut Gubsu doktor lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut, Direksi PT Aquafarm Nusantara, I Wayan Mudana mengatakan kedatangannya pihaknya bertemu Gubsu selain untuk bersilaturahmi juga ingin meminta arahan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dalam hal ini Gubsu tentang bagaimana kedepannya PT Aquafarm Nusantara dalam melakukan programnya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dan juga Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan