Search
Kamis 27 Juli 2017
  • :
  • :

Manfaatkan OBOR, Pemkab Karo Bentuk BUMD

Starberita – Kabanjahe, Pemerintah kabupaten Karo hendak mendirikan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam bidang badan usaha parawisata, badan usaha pertanian.

Rencana tersebut berkenaan peluang “One Belt One Road” (OBOR) gagasan pemerintah Cina, yang diharapkan dapat mendukung Indonesia dalam mengimplementasi program pembangunan infrastruktur serta konektivitas nasional.

“Tujuannya agar dana yang ditawarkan pemerintah melalui “OBOR” dapat didayagunakan, sehingga baik masyarakat maupun investor dari negeri Cina mau bekerja sama melalui BUMD tersebut,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH saat menyampaikan pemaparannya dalam rapat koordinasi “One Belt One Road” (OBOR), Selasa (20/6/2017) di Jakarta.

Tawaran Presiden Joko Widodo kepada wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara dengan maksut tujuan pembangunan infrastruktur dalam penguatan ekonomi patut disambut positif untuk percepatan pembangunan.

“Pemkab Karo mengusulkan memanfaatkan lahan tidur hingga disewa selama 15 tahun, nah disini target 60 :40 artinya 60 % untuk pelaku pengelola dan 40 % untuk pemodal dalam hal ini BUMD sebagai pelaksana,’ papar Terkelin Brahmana.

Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dumoly F.Pardede sangat setuju dan mendukung pemaparan Bupati Karo.

“Hal seperti ini yang diharapkan pemerintah pusat untuk menerobos penguatan ekonomi di daerah, jika daerah tidak membuat BUMD sesuai rapat pemerintah pusat dengan OJK maka mustahil dana yang disediakan pemerintah Beijing akan tersalur, jadi harapan saya kedepan apa yang diusulkan Bupati Karo telah bersinergy dengan program pemerintah pusat yang ditawarkan oleh presiden RI Joko Widodo,” cetusnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan