Search
Selasa 24 Oktober 2017
  • :
  • :

Manfaat Kayu Mesoyi untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Rempah yang satu ini mungkin tidak sepopuler kayu manis, tetapi disebutkan khasiatnya hampir sama. Kulit kayu mesoy lebih terkenal di Indonesia wilayah timur, sementara wilayah barat sangat familiar dengan kayu manis.

Ternyata manfaat kayu mesoyi untuk kesehatan juga tidak kalah dengan manfaat kayu manis, tanaman ini juga banyak digunakan di luar negeri. Mesoyi atau Masoi, Aikor atau Aikori, bahasa latin adalah Cryptocarya Massoy (Oken) Kosterm, merupakan tanaman kerabat dekat kayu manis.

Beberapa tradisi memanfaatkan kayu mesoy untuk bahan bangunan, kulit kayu dijadikan campuran untuk pewarna merah dan campuran ratus wangi. Aroma kulit kayu mesoyi sering digunakan untuk pembuatan bedak yang dicampur dengan rempah, seperti cengkeh. Adapun manfaat bedak untuk menghangatkan kulit pada musim dingin ataupun hujan. Tradisi lain menyebutkan penggunaan kayu mesoyi dibakar seperti dupa, kemenyan, sehingga menebar aroma wangi keseluruh ruangan.

Manfaat Kayu Mesoyi Untuk Kesehatan

Pohon mesoyi di Indonesia paling banyak populasinya berkembang di pulau Papua, termasuk Papua New Guinea. Dapat ditemukan di Nabire, Kaimana, Fak-fak, Merauke, Jayapura, Sarmi, dan pupulasi terbanyak di Kabupaten Nabire. Tinggi tanaman bisa mencapai sekitar 25 meter, ciri batang berdiameter kurang lebih 30 cm, dan ketebalan kulit kayu mencapai 0,5 cm.

Aroma kulit kayu mesoyi sangat khas, menebarkan aroma wangi disekitarnya. Aroma wangi berasal dari kandungan minyak atsiri yang disebut Massoia Lactone. Adapun ciri daun berbentuk bundar telur, meruncing ke arah ujung daun, daun melingkar atau berlawanan. Bunga mempunyai tangkai panjang sekitar 10 cm, bertunas dekat pangkal daun. Sementara buahnya seperti buni dan berbiji satu.

Ciri kulit kayu mesoyi bagian terluar berwarna kelabu, dan bagian dalam berwarna cokelat kemerah-merahan. Kulit ini nantinya dikeringkan, kemudian mengalami perubahan warna menjadi lebih tua dan kusam. Yang harus diingat ketika panen, getah kulit kayu mesoyi dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit, bahkan ada juga kulit yang melepuh.

Menurut beberapa studi, manfaat kayu mesoyi untuk kesehatan digunakan sebagai lotion dan merupakan ramuan penting dalam beberapa obat herbal di Jawa. Kayu mesoyi dapat mencegah kram selama kehamilan, memulihkan vitalitas setelah melahirkan, untuk menghilangkan bau ruangan ataupun bahan lain, digunakan sebagai tonik dan antispasmodik.

Kulit kayu mesoyi bersifat melebarkan pembuluh darah dan bahan pewangi. Berikut ini manfaat kayu mesoyi untuk kesehatan diantaranya:

  1. Menurut studi Susan Estelle DiGeorgio, Purdue University, Cryptocarya Massoy (Oken) Kosterm adalah pohon yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati demam, melawan predasi serangga dan jamur. Diduga sangat ampuh mengobati keputihan, penyakit menular sepertimengobati sipilis dan gonorearadang mulut rahim, dan penyakit lain yang disebabkan jamur.
  2. Dapat mengatasi kejang perut, menghilangkan nyeri persendian dan rematik.
  3. Digunakan sebagai herba setelah melahirkan untuk memulihkan vitalitas, dan melebarkan pembuluh darah.
  4. Bagi Anda yang menderita insomnia, dapat menggunakan racikan herba kayu mesoyi, Juga membantu mengobati hipertensi dan sakit kepala.
  5. Mengatasi penyakit organ pernafasan seperti obat asma dan batuk bronkhitis, serta mengobati TBC.

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam kulit kayu mesoyi (Cryptocarya Massoy (Oken) Kosterm) adalah benzil benzoat, benzil salisilat, goniothalamin, heptyl-lakton, dan nonyllakton. Kandungan kayu mesoyi ini ditemukan sebagai senyawa aktif dalam C. Massoy. Beberapa senyawa kayu mesoy menunjukkan aktivitas sitotoksik yang baik, sehingga manfaat kayu mesoyi untuk kesehatan dapat digunakan sebgai herba secara maksimal. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan