Search
Kamis 21 September 2017
  • :
  • :

Madrid Gundah, Setelah Ronaldo, Modric Juga Kena Kasus Hukum

Starberita – Jakarta, Salah satu pemain Real Madrid kembali terlilit masalah hukum. Setelah Cristiano Ronaldo dituntut kejaksaan karena dugaan penghindaran pajak, Luka Modric juga terlilit kasus di negaranya, Kroasia.

Berdasarkan pengumuman Kantor Jaksa Kroasia, Senin (19/6/2017), Kejaksaan negeri Kroasia menginvestigasi gelandang Kroasia dan Real Madrid, Luka Modric, atas dugaan kesaksian palsu pada pengadilan kriminal.
Modric memberikan kesaksian pada pekan lalu pada persidangan petugas pajak dan tiga mantan pejabat senior dari klub sepak bola Dinamo Zagreb, termasuk mantan ketua eksekutif, Zdravko Mamic.

Kantor kejaksaan negeri di kota timur Kroasia, Osijek, yang menjalankan investigasi terhadap kesaksian palsu, tidak menyebut nama Modric, yang merupakan standar prosedur di Kroasia.

Namun kantor kejasaan negeri mengacu pada pria Kroasia berusia 32 tahun yang memberikan kesaksian pada pekan lalu, deskripsi yang sangat sesuai dengan Modric. Media lokal, termasuk radio dan televisi negara, mengindentifikasi Modric sebagai target investigasi. Modric masih belum dapat dimintai keterangan.

Modric memberi kesaksian sebagai saksi pada persidangan pajak saat para pejabat Dinamo didakwa menghindari pajak sebesar 12,2 juta kuna (1,84 juta dolar) dan mengalihkan 116 juta kuna dari klub sepak bola, kata polisi anti korupsi.

“Kesaksian palsu mengatakan bahwa pada 10 Juli 2004, tanggal ketika ia meneken kontrak profesional pertamanya, ia juga menandatangani lampiran berdasar pada apa yang menurutnya merupakan hak dengan bagian 50:50 pada biaya-biaya transfer,” kata kejaksaan negeri dalam pernyataannya.

Kejaksaan juga mengatakan Modric melakukan berbohong saat mengklaim bahwa dirinya meneken lampiran setiap kali ia memperpanjang kontraknya.

Dua tahun silam, Modric memberi kesaksian kepada para investigator anti korupsi bahwa ia meneken lampiran pada kontraknya pada masa setelahnya, ketika ia telah bergabung dengan klub asing, menurut kejaksaan negeri.

Modric pindah ke Tottenham dari Dinamo Zagreb pada 2008. Ia kemudian pindah ke Real Madrid pada 2012.

Ketiga mantan pejabat Dinamo, yang juga mencakup mantan pelatih Zoran Mamic dan mantan eksekutif klub dan pejabat senior di Federasi Sepak Bola Kroasia, Damir Vrbanovic, membantah dakwaan-dakwaan yang diajukan kepada mereka.

Belum jelas kelanjutan kasus yang melilit ini. Tapi, mau tak mau akan menjadi beban bagi Real Madrid yang kini sudah diberati kasus Ronaldo, yang sempat dikabarkan berhasrat pindah karena kasus pajaknya itu. (sbc-02/tem)

 




Tinggalkan Balasan